Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Daftar 12 Hewan yang Muncul dalam Kuis Hari Bumi di Google

Kompas.com - 16/03/2022, 20:05 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kuis Hari Bumi Google atau Earth Day Quiz sedang ramai dimainkan oleh para pengguna internet.

Kuis yang bertajuk "Hewan Apa yang Mewakili Dirimu?" ini, berisi beberapa pertanyaan yang perlu dijawab.

Setelah para pemain selesai menjawabnya, kuis Hari Bumi akan menunjukkan hewan apa yang merepresentasikan sifat yang dimilikinya.

Baca juga: 4 Hewan yang Paling Banyak Makan, Ada yang Harus Makan 15 Menit Sekali

 

Setidaknya ada 12 hewan yang ditampilkan di dalam kuis Hari Bumi di Google. Berikut adalah rincian dari ke-12 hewan dalam kuis tersebut yang dirangkum Kompas.com dari berbagai sumber.

1. Giant squid

Giant squid adalah cumi-cumi raksasa yang pernah dicatat oleh para ilmuwan. Hewan ini memiliki panjang hampir 13 meter, dan memiliki berat yang diperkirakan hampir satu ton.

Dilansir dari Smithsonian, Rabu (16/3/2022) cumi-cumi raksasa biasa hidup di dasar laut, yang menyebabkannya jarang terlihat oleh manusia. Tentakel mereka dapat menangkap mangsanya yang berjarak 10 meter.

Adapun jenis makanan cumi-cumi raksasa di antaranya ikan, udang, hingga cumi-cumi dari kelompok lain.

Sementara, untuk status konservasinya menurut International Union for Conservation of Nature (IUCN) adalah least concern atau tidak termasuk kategori punah, maupun dilindungi.

2. Honey bee

Honey bee atau kita kenal dengan lebah madu adalah salah satu spesies lebah yang paling umum di dunia.

Kendati memiliki warna bervariasi, lebah madu biasanya berwarna cokelat dengan perut berwarna kuning dan cokelat.

Lebah madu, dilansir dari Australian Museum, Selasa (8/12/2020) hidup berkelompok di dalam sarang yang sangat besar. Ratu lebah memiliki ukuran yang lebih besar dari lebah pekerja, dan akan menghasilkan anak.

Serangga ini juga banyak ditemukan di daerah perkotaan ataupun di hutan, dan mengumpulkan nektar serta serbuk sari untuk memberi makan larva yang masih berkembang.

Pada jenis tertentu seperti lebah madu Australia, dinilai memenuhi syarat untuk daftar merah IUCN sebagai spesies terancam, usai kebakaran hutan yang memengaruhi populasinya.

Baca juga: 5 Hewan Purba Laut yang Masih Hidup Sampai Sekarang

3. Wolly mammoth

Mammoth berbulu atau wolly mammoth juga ada di dalam kuis Hari Bumi yang Anda mainkan.

Hewan itu tercatat hidup selama zaman es terakhir, dan mungkin mati ketika cuaca berubah yang menyebabkan mereka kelaparan.

Mammoth berbulu memiliki ukuran sebesar gajah Afrika, di mana telinganya lebih kecil dari telinga gajah yang tersebar saat ini.

Seperti dilansir dari National Geographic, perubahan tersebut kemungkinan disebabkan adaptasi mammoth berbulu terhadap iklim. Berdasarkan status konservasinya, mammoth berbulu telah dinyatakan punah.

Hewan yang memiliki taring sepanjang 5 meter itu juga biasanya memakan rumput, jenis tanaman ataupun bunga.

4. Komodo dragon

Komodo adalah jenis kadal terbesar dan terberat yang pernah hidup di Bumi. Mereka bisa mencapai 3,5 meter panjangnya dengan berat 136 kilogram.

Komodo memiliki kepala yang panjang dan rata, moncong bulat, kulit bersisik, kaki bengkok, dan ekor besar yang berotot. Komodo banyak tersebar di Kepulauan Sunda Kecil di Indonesia.

Mereka menyukai hutan tropis di pulau, dan jarang bepergian jauh dari tempat mereka biasanya hidup.

Jenis mangsa yang mereka konsumsi termasuk bangkai, rusa, babi, komodo kecil, dan kerbau besar. Hewan seperti komodo akan menggunakan cakarnya untuk menerkam mangsa,

Komodo adalah satwa endemik Indonesia yang masuk daftar merah sebagai hewan terancam punah di tahun 2021 lalu yang dikeluarkan oleh IUCN.

Baca juga: Nama Cabang Ilmu Biologi yang Mempelajari Hewan dan Tumbuhan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com