Kompas.com - 16/03/2022, 11:01 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memaparkan sejumlah indikator untuk mengubah pandemi jadi endemi.

Akan tetapi, pemerintah saat ini menekankan tidak terburu-buru untuk menyatakan transisi dari pandemi Covid-19 memasuki endemi.

“Untuk menghilangkan sebuah penyakit itu membutuhkan waktu yang lebih panjang, tentunya kita harus bersiap untuk terus berdampingan dengan Covid-19,” ungkap Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi, M.Epid dalam keterangan tertulisnya, Selasa (15/3/2022).

Baca juga: Perbedaan Pandemi, Endemi, dan Epidemi

Dia menjelaskan, transisi endemi adalah suatu proses di mana periode dari pandemi menuju ke arah endemi dengan menilai beberapa indikator, di antaranya:

  • Laju penularan harus kurang dari 1
  • Angka positivity rate harus kurang dari 5 persen
  • Selanjutnya, tingkat perawatan rumah sakit harus kurang dari 5 persen
  • Angka fatality rate harus kurang dari 3 persen
  • Serta level PPKM berada pada transmisi lokal level tingkat 1

Kondisi ini, kata dia, harus terjadi dalam rentang waktu tertentu misalnya 6 bulan. Dokter Nadia pun menuturkan, saat ini Indonesia masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Sementara, tren indikator pengendalian pandemi terus menunjukkan ke hal yang positif. Menurutnya, Indonesia juga sudah mulai bersiap-siap membuat langkah menuju ke arah endemi.

Di samping itu, persoalan indikator maupun waktu yang tepat masih terus dibahas oleh pemerintah bersama dengan para ahli, guna menentukan indikator terbaik untuk mencapai endemi.

Sebab, proses transisi pandemi menuju endemi bukan berarti bahwa kasus Covid-19 tidak ada sama sekali, sehingga virus akan tetap ada.

“Yang paling penting pada saat endemi, walaupun kasusnya ada, dia (Covid-19) tidak akan mengganggu kehidupan kita seperti saat ini, di mana hampir aktivitas-aktivitas kehidupan kita, kehidupan sosial, kehidupan beragama, pariwisata ini tidak terganggu dengan adanya kasus Covid-19,” beber Nadia.

Baca juga: Pemerintah Siapkan Protokol untuk Ubah Status Pandemi Covid-19 Jadi Endemi

Diakuinya, kini Indonesia tengah dalam proses transisi perubahan pandemi jadi endemi. Proses transisi itu sejalan dengan kebijakan pelonggaran yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.