Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah National Pi Day yang Diperingati Setiap Tanggal 14 Maret

Kompas.com - 15/03/2022, 17:01 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Para ahli matematika, ilmuwan, hingga pencinta matematika di seluruh dunia memperingati National Pi Day atau Hari Pi yang jatuh setiap tanggal 14 Maret.

Menariknya, tanggal ini sesuai dengan rumus pi (π) 3,14 yang jika ditulis secara numerik menjadi 3/14 atau bulan ketiga (Maret) tanggal 14.

Pi adalah salah satu konstanta dalam matematika dengan angka desimal yang berlanjut sampai tak terhingga. Umumnya, pi digunakan dalam perhitungan yang berkaitan dengan lingkaran.

Baca juga: 4 Angka Misterius yang Bikin Ahli Matematika Tercengang selama 70 Tahun

Seperti dilansir dari Days of the Year, Senin (14/3/2022) sejarah National Pi day tidak lepas dari asal-usul angka itu sendiri.

Berbagai metode penelitian telah digunakan, untuk mendalami bilangan yang sulit dipahami dalam matematika ini.

Diketahui bahwa pi adalah bilangan tidak terhingga, maka untuk mencapai seluruh angkanya sangat sulit. Bahkan, matematika kuno hanya mampu menemukan desimal ketujuh. Sementara ahli matematika di India hanya dapat menguraikannya di desimal kelima.

Lantas bagaimana sejarah National Pi Day yang pada akhirnya diperingati di seluruh dunia? 

National Pi Day pertama kali dirayakan pada tahun 1988 di Exploratorium San Francisco, yaitu sebuah museum sains dan teknologi di California. Hari pi nasional ini diinisiasi oleh fisikawan sekaligus karyawan museum bernama Larry Shaw.

Dilansir dari ABC News, Senin (14/3/2022) putrinya, Sara Shaw, mengatakan bahwa saat itu ayahnya sedang bekerja ketika ide peringatan National Pi Day muncul di benaknya, dengan menghubungkan tanggal 14 Maret dan tiga digit pertama angka dalam rumus pi.

"Dia selalu suka menggabungkan ide-ide fantastis dan menyenangkan dengan sains dan matematika. Ini adalah perayaan dan pertemuan banyak orang untuk menikmati hal berdasarkan pada sains dengan cara yang menyenangkan dan mendidik," ungkap Sara.

Peringatan National Pi Day pertama kali terjadi tepat pukul 13:59 waktu setempat, mengikuti angka 3,14 dalam rumus pi.

Saat peringatan berlangsung, Shaw dan istrinya menyiapkan pai buah untuk dimakan bersama para pekerja museum dengan posisi melingkar sebagai simbol perayaan.

Baca juga: Tablet Tanah Liat Zaman Babilonia Disebut Membalikkan Sejarah Matematika

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com