Lagi, Penjelajah Yutu-2 Milik China Temukan Objek Aneh di Sisi Jauh Bulan

Kompas.com - 27/02/2022, 19:03 WIB

KOMPAS.com - Misi penjelajah Yutu-2 milik China kembali membuat penemuan menarik lain di sisi jauh Bulan.

Penjelajah Yutu-2 menemukan sepasang bola kaca misterius yang berkilau di tengah debu abu-abu Bulan yang kering. Temuan ini menjadi yang pertama dari jenisnya.

Para ilmuwan tak tahu asal usul pasti dari bola-bola tersebut, tetapi mereka menduga bola telah terbentuk selama letusan eksplosif gunung berapi di Bulan atau setelah tumbukan berkecepatan tinggi dengan meteorit.

"Bola-bola itu membuat kami takjub, karena mereka sangat unik di Bulan," kata Zhiyong Xiao, penulis utama dan ahli geologi planet di Universitas Sun Yat-sen, China.

Baca juga: Teleskop Hubble Tangkap Objek Luar Angkasa yang Langka, Apa Itu?

Sayangnya, peneliti belum bisa mengungkap komposisinya. Namun bola-bola semacam itu, menurut Xiao cukup umum ditemukan di sisi jauh Bulan.

Mengutip Live Science, Minggu (27/2/2022) bola kaca yang juga dikenal sebagai microtektites yang ditemukan di sisi jauh bulan ini memiliki ukuran diamter 15 hingga 25 milimeter.

Mikrotektites tersebut ditemukan Yutu-2 di dekat kawah tumbukan. Hal itu lah yang kemudian membuat peneliti berpikir pula, bahwa bola terbentuk dari batuan beku kaya feldspar yang disebut anorthosite yang meleleh dan terbentuk kembali segera setelah tabrakan meteor.

"Ini menunjukkan anorthosites di Bulan adalah bahan baku yang sangat baik untuk memproduksi bola-bola kaca," kata Xiao.

Lebih lanjut, mengumpulkan bola-bola dan mempelajari komposisi serta usianya dapat membantu ilmuwan memahami sejarah Bulan serta memberikan informasi yang berguna mengenai bahan bangunan potensial di permukaan Bulan.

"Pada awal pembangunan pangkalan manusia di Bulan, anorthosites adalah sumber daya yang menjanjikan dan tersebar luas," tambah Xiao.

Baca juga: Astronom Petakan Semesta, Berhasil Ungkap 4,4 Juta Objek Luar Angkasa

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.