Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/02/2022, 12:30 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Setiap organisme hidup dengan susunan kromosom di dalam DNA-nya. Terkadang, terjadi mutasi kromosom yang menyebabkan perubahan sifat tertentu pada organisme tersebut.

Definisi

Mutasi kromosom adalah proses yang menyebabkan perubahan kromosom yang menyebabkan perubahan gen. Perubahan tersebut hanya bisa diketahui melalui analisis genetik atau pemeriksaan mikroskopis.

Mutasi kromosom juga disebut dengan kelainan kromosom atau kromosom abnormal. Hal ini karena mutasi kromosom menyebabkan perubahan struktur kromosom dan berpotensi menyebabkan kelainan genetik.

Jenis-jenis mutasi kromosom

Terdapat dua jenis mutasi kromosom, yaitu mutasi kromosom I dan mutasi kromosom II.

1. Mutasi kromosom I

Mutasi kromosom I adalah mutasi yang terjadi akibat proses inversi, delesi, duplikasi, atau translokasi.

Inversi adalah mutasi yang terjadi akibat segmen kromosom terbalik dari awal sampai akhir. Contoh mutasi inversi adalah remaja tertinggi di dunia, atau serangga yang lebih kecil dari ukuran yang normal.

Delesi adalah mutasi yang dikenal dengan monosomi parsial. Kasus ini terjadi jika terdapat kromosom yang terbuang atau terhapus.

Contoh kasus delesi adalah sindrom Cri-du-chat, yaitu kelainan genetik yang ditandai suara bayi yang sangat tinggi seperti suara kucing. Sindrom ini menyebabkan kelainan di jantung dan bentuk wajah.

Duplikasi adalah bentuk mutasi kromosom lainnya yang dikenal dengan nama parsial trisomi. Sesuai namanya, mutasi ini menunjukkan terdapat segmen yang terduplikasi. Salah satu bentuk mutasi kromosom yang dinamakan duplikasi adalah perubahan susunan penggandaan kromosom.

Translokasi adalah ketika terdapat segmen kromosom patah kemudian relokasi ke tempat yang lain. Salah satu contoh mutasi translokasi adalah Down syndrome.

Baca juga: Studi Ungkap Mutasi Gen Sebabkan Anjing Berukuran Kecil

2. Mutasi kromosom II

Mutasi tipe II adalah mutasi yang menyebabkan jumlah kromosom di dalam sel berubah. Terdapat dua tipe mutasi jenis ini, yaitu aneuploid dan poliploid.

Aneuploid adalah mutasi kromosom yang menyebabkan kehilangan atau penambahan kromosom. Contoh aneuploid adalah Down syndrome.

Poliploid adalah adanya pertambahan dua atau satu kromosom haploid. Contohnya adalah gigantisme.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com