Kompas.com - 18/02/2022, 16:02 WIB

KOMPAS.com - Orangutan di penangkaran yang belum pernah melihat alat-alat batu sebelumnya, ternyata secara spontan dapat menggunakannya sebagai palu dan pisau.

Temuan ini menunjukkan, bahkan orangutan yang hidup di pohon dan jarang memanfaatkan batu dapat menemukan cara untuk menggunakannya.

Meski begitu, orangutan tetap tak bisa membuat alat mereka sendiri meski sudah diberi contoh.

"Kami tidak menemukan orangutan dapat menggabungkan perilaku ini (menggunakan dan membuat alat)," kata Alba Motes Rodrigo, peneliti dari University of Tübingen di Jerman, seperti dikutip New Scientist, Kamis (17/2/2022).

Baca juga: Peneliti Ungkap Bukti Pertama Orangutan Ajarkan Ketrampilan Hidup pada Anaknya

Kesimpulan bahwa orangutan bisa gunakan alat batu ini didapat setelah Motes Rodrigo bersama rekan-rekannya mempelajari dua orangutan jantan yang tinggal di Kristiansand Zoo and Amusement Park di Norwegia.

Orangutan diberi sebuah kotak berisi potongan buah-buahan yang ditutup yang mengharuskan mereka memotong tali untuk mendapatkan buah-buah tersebut.

Lalu, peneliti juga menyediakan palu dan sebongkah batu.

Secara teori, orangutan bisa saja menggunakan palu untuk membuka kotak buah-buahan itu. Namun, hal tersebut tak dilakukan.

Dalam percobaan selanjutnya, Motes Rodrigo memberi orangutan sebuah batu yang menyerupai kapak.

Baca juga: Studi Ungkap Setiap Orangutan Punya Jiwa Seni yang Berbeda

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.