Kompas.com - 14/02/2022, 08:29 WIB

KOMPAS.com - Hidup di masa pandemi membuat sebagian besar pekerjaan dan sekolah dilakukan secara daring. Ini membuat hampir semua orang menatap layar dalam durasi yang lama setiap harinya. Salah satu risiko yang timbul akibat menatap layar gawai terlalu lama adalah mata minus. Simak cara mencegah mata minus yang bisa Anda coba di rumah.

Cara mencegah mata minus

Terdapat beberapa upaya yang bisa Anda lakukan untuk mencegah mata minus atau mencegah mata minus bertambah parah. Begini caranya.

1. Melakukan pemeriksaan berkala

Penting untuk melakukan pemeriksaan atau skrining berkala, mulai dari bayi hingga dewasa. Anda perlu memeriksakan bayi Anda sejak usia 6 bulan, 3 tahun, dan setiap dua tahun sekali pada usia sekolah.

Pada orang dewasa, pemeriksaan bisa dilakukan rutin tergantung usia Anda. Pada dewasa dengan usia 20 sampai 30 tahun, Anda hanya perlu memeriksakan mata setiap 5 sampai 10 tahun sekali. Semakin tua, frekuensi semakin meningkat, yaitu 1 sampai 2 tahun sekali jika Anda sudah berusia di atas 65 tahun.

Skrining ini penting untuk mendeteksi sejak dini jika terdapat kelainan sehingga bisa tertangani dengan baik sebelum terlanjur parah.

2. Penuhi kebutuhan gizi

Penting untuk memenuhi kebutuhan gizi vitamin A, C, E, serta mineral zinc dan antioksidan untuk menjaga kesehatan mata Anda. Contoh makanan yang baik untuk kesehatan mata adalah wortel, brokoli, bayam, stroberi, dan ubi.

Untuk memenuhi kebutuhan antioksidan lainnya, seperti lutein dan zeaxanthin, Anda juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk suplemen.

Baca juga: Cara Mengurangi Mata Minus Dengan Mudah

3. Olahraga teratur

Ternyata olahraga teratur mampu menjaga kesehatan mata. Olahraga teratur akan mencegah berat badan berlebih yang memicu diabetes. Orang dengan diabetes umumnya memiliki masalah dengan penglihatannya. Oleh karena itu olahraga bisa membantu mata Anda tetap sehat.

4. Ikuti aturan 20-20-20

Mata Anda pasti lelah jika menatap layar seharian. Oleh karena itu, setiap setelah 20 menit menatap layar, lihatlah benda sejauh 20 kaki (6 meter) selama 20 detik. Metode ini ampuh untuk menjaga mata dari kelelahan dan mencegah mata minus.

5. Tidur yang cukup

Jika Anda sering tidur larut, mata Anda akan semakin mudah lelah dan kering. Kondisi ini bisa memicu mata Anda menjadi minus.

Itu dia cara mencegah mata minus yang layak Anda coba di rumah. Semoga mata Anda tetap sehat, ya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.