Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Menatap Layar Gawai, Ini 5 Cara Mencegah Mata Minus

Kompas.com - 14/02/2022, 08:29 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Hidup di masa pandemi membuat sebagian besar pekerjaan dan sekolah dilakukan secara daring. Ini membuat hampir semua orang menatap layar dalam durasi yang lama setiap harinya. Salah satu risiko yang timbul akibat menatap layar gawai terlalu lama adalah mata minus. Simak cara mencegah mata minus yang bisa Anda coba di rumah.

Cara mencegah mata minus

Terdapat beberapa upaya yang bisa Anda lakukan untuk mencegah mata minus atau mencegah mata minus bertambah parah. Begini caranya.

1. Melakukan pemeriksaan berkala

Penting untuk melakukan pemeriksaan atau skrining berkala, mulai dari bayi hingga dewasa. Anda perlu memeriksakan bayi Anda sejak usia 6 bulan, 3 tahun, dan setiap dua tahun sekali pada usia sekolah.

Pada orang dewasa, pemeriksaan bisa dilakukan rutin tergantung usia Anda. Pada dewasa dengan usia 20 sampai 30 tahun, Anda hanya perlu memeriksakan mata setiap 5 sampai 10 tahun sekali. Semakin tua, frekuensi semakin meningkat, yaitu 1 sampai 2 tahun sekali jika Anda sudah berusia di atas 65 tahun.

Skrining ini penting untuk mendeteksi sejak dini jika terdapat kelainan sehingga bisa tertangani dengan baik sebelum terlanjur parah.

2. Penuhi kebutuhan gizi

Penting untuk memenuhi kebutuhan gizi vitamin A, C, E, serta mineral zinc dan antioksidan untuk menjaga kesehatan mata Anda. Contoh makanan yang baik untuk kesehatan mata adalah wortel, brokoli, bayam, stroberi, dan ubi.

Untuk memenuhi kebutuhan antioksidan lainnya, seperti lutein dan zeaxanthin, Anda juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk suplemen.

Baca juga: Cara Mengurangi Mata Minus Dengan Mudah

3. Olahraga teratur

Ternyata olahraga teratur mampu menjaga kesehatan mata. Olahraga teratur akan mencegah berat badan berlebih yang memicu diabetes. Orang dengan diabetes umumnya memiliki masalah dengan penglihatannya. Oleh karena itu olahraga bisa membantu mata Anda tetap sehat.

4. Ikuti aturan 20-20-20

Mata Anda pasti lelah jika menatap layar seharian. Oleh karena itu, setiap setelah 20 menit menatap layar, lihatlah benda sejauh 20 kaki (6 meter) selama 20 detik. Metode ini ampuh untuk menjaga mata dari kelelahan dan mencegah mata minus.

5. Tidur yang cukup

Jika Anda sering tidur larut, mata Anda akan semakin mudah lelah dan kering. Kondisi ini bisa memicu mata Anda menjadi minus.

Itu dia cara mencegah mata minus yang layak Anda coba di rumah. Semoga mata Anda tetap sehat, ya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com