Kompas.com - 13/02/2022, 13:01 WIB

KOMPAS.com - Teleskop Luar Angkasa James Webb berhasil mengambil foto bintang untuk  pertama kalinya. Hal tersebut disampaikan oleh Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) pada Jumat (11/2/2022).

Ini menjadi bagian dari proses selama berbulan-bulan untuk menyelaraskan cermin emas besar observatorium, yang diharapkan para astronom dalam memulai mengungkap misteri awal semesta pada musim panas mendatang.

Science Alert mewartakan, gambar pertama yang dikirim kembali dari kosmos menakjubkan.

Terdapat 18 titik putih buram dengan latar belakang hitam, semuanya menunjukkan objek yang sama, yaitu HD 84406, bintang terang yang terisolasi di konstelasi Ursa Major.

Baca juga: Teleskop Luar Angkasa James Webb Berhasil Mengorbit Dekat Matahari

Ini menjadi tonggak utama, dengan sebanyak 18 titik ditangkap oleh 18 segmen individu cermin utama. Gambar yang diperoleh tersebut menjadi dasar untuk menyelaraskan dan memfokuskan potongan heksagonal.

Cahaya memantul dari segmen ke cermin sekunder Webb, dan kemudian ke instrumen Near Infrared Camera (NIRCam), perangkat pencitraan utama Webb.

“Seluruh tim sangat gembira melihat seberapa baik langkah pertama pengambilan gambar dan penyelarasan teleskop berjalan. Kami sangat senang melihat cahaya itu masuk ke NIRCam,” ujar peneliti utama untuk instrumen NIRCam dan proferos astronomi dari University of Arizona Marcia Rieke.

Adapun proses pengambilan gambar dimulai pada 2 Februari 2022, dengan teleskop Webb menunjuk pada posisi berbeda di sekitar lokasi prediksi bintang.

Baca juga: Teleskop James Webb Sukses Buka Cermin Emas Raksasa di Luar Angkasa

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.