Kompas.com - 12/02/2022, 19:30 WIB


KOMPAS.com - Planet baru terdeteksi oleh tim astronom Portugal, berada di dekat bintang terdekat Matahari. Planet tersebut terdeteksi menggunakan Very Large Telescope (VLT) dari European Southern Observatory di Cile.

Dilansir dari Phys, Kamis (10/2/2022), planet baru tersebut ditemukan saat mengorbit Proxima Centauri, yakni bintang terdekat dari Tata Surya kita.

Para peneliti mengatakan bahwa kandidat planet ini adalah planet ketiga yang terdeteksi dalam sistem yang pernah ditemukan sedang mengorbit bintang tersebut.

Massa planet baru tersebut diketahui hanya seperempat dari massa bumi, sehingga planet ini merupakan salah satu exoplanet paling ringan yang pernah ditemukan.

"Penemuan ini menunjukkan bahwa tetangga bintang terdekat kita (Matahari) tampaknya dikemas dengan dunia baru yang menarik," ujar Joao Faria, seorang peneliti di Instituto de Astrofísica e Ciências do Espaço, Portugal dan penulis utama dari studi.

Baca juga: 50 Planet Baru Ditemukan, Ilmuwan Gunakan AI untuk Gali Data NASA

 

Studi penemuan planet baru yang mengorbit bintang terdekat Matahari ini telah dipublikasikan di jurnal Astronomy & Astrophysics ini.

Untuk diketahui, Proxima Centauri adalah bintang terdekat dengan Matahari, yang terletak lebih dari empat tahun cahaya.

Planet baru yang ditemukan, bernama Proxima b, mengorbit Proxima Centauri pada jarak sekitar 4 juta km, kurang dari sepersepuluh jarak Merkurius dari Matahari.

Exoplanet tersebut mengorbit di antara bintang dan zona layak huni, yakni area di sekitar bintang di mana air cair dapat berada di permukaan planet.

Oleh karenanya, dengan jarak tersebut, maka setidaknya membutuhkan hanya luma hari untuk menyelesaikan datu orbit di sekitar Proxima Centauri.

Bintang tersebut telah diketahui, menampung dua planet, yakni Proxima b, sebuah planet dengan massa hampir sama dengan bumi yang mengorbit bintang Proxima Centauri setiap 11 hari dan berada di zona layak huni.

Baca juga: Astronom Deteksi Kelahiran Planet Baru, Ini Buktinya

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber PHYSORG
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.