Kompas.com - 12/02/2022, 19:30 WIB

KOMPAS.com - Planet baru terdeteksi oleh tim astronom Portugal, berada di dekat bintang terdekat Matahari. Planet tersebut terdeteksi menggunakan Very Large Telescope (VLT) dari European Southern Observatory di Cile.

Dilansir dari Phys, Kamis (10/2/2022), planet baru tersebut ditemukan saat mengorbit Proxima Centauri, yakni bintang terdekat dari Tata Surya kita.

Para peneliti mengatakan bahwa kandidat planet ini adalah planet ketiga yang terdeteksi dalam sistem yang pernah ditemukan sedang mengorbit bintang tersebut.

Massa planet baru tersebut diketahui hanya seperempat dari massa bumi, sehingga planet ini merupakan salah satu exoplanet paling ringan yang pernah ditemukan.

"Penemuan ini menunjukkan bahwa tetangga bintang terdekat kita (Matahari) tampaknya dikemas dengan dunia baru yang menarik," ujar Joao Faria, seorang peneliti di Instituto de Astrofísica e Ciências do Espaço, Portugal dan penulis utama dari studi.