Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Interaksi Ekosistem yang Membantu Proses Penyerbukan Tumbuhan

Kompas.com - 10/02/2022, 09:30 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Cabang ilmu biologi mempelajari interaksi dalam ekosistem dinamakan ekologi. Dalam ekologi kita bisa melihat bagaimana komponen biotik dan abiotik dalam ekosistem saling berhubungan.

Ekologi

Kata ekologi berasal dari bahasa Yunani yaitu oikos yang berarti tempat untuk hidup dan logos yang berarti ilmu. Jadi, ekologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi baik antar makhluk hidup atau makhluk hidup dengan lingkungannya.

Berbagai jenis makhluk hidup dan lingkungannya bersama-sama membentuk ekosistem yang kompleks dan hidup berdampingan. Sesuai dengan penjelasan tersebut, ekosistem disusun oleh dua komponen, yaitu komponen biotik dan komponen abiotik.

Komponen biotik terdiri atas berbagai jenis makhluk hidup, mulai dari konsumen tingkat pertama sebagai pemakan tumbuhan, pemakan daging, hingga organisme pengurai. Manusia pun merupakan bagian dari komponen biotik.

Komponen abiotik adalah segala unsur yang bukan makhluk hidup. Komponen abiotik meliputi air, tanah, udara, angin, dan cahaya. Tiap ekosistem yang berbeda akan memiliki komponen abiotik yang berbeda pula. Komponen abiotik dan biotik yang berbeda-beda ini akan menghasilkan interaksi ekosistem yang berbeda pula.

Baca juga: Ekosistem Air Tawar, Jenis, Komponen, Beserta Contohnya

Ekologi dalam proses penyerbukan tumbuhan

Salah satu contoh interaksi ekosistem adalah dalam proses penyerbukan tumbuhan. Dimana ada tumbuhan, maka di situ pula terjadi interaksi antara komponen biotik dan abiotik. Kita bisa menemukan tumbuhan di taman, kebun, dan hutan.

Mari kita bedah masing-masing komponen yang terlibat. Tumbuhan tidak bisa berkembang biak kecuali dibantu oleh adanya bantuan dari komponen biotik dan abiotik. Hal ini karena keterbatasan pergerakan yang dimiliki oleh tumbuhan.

Komponen biotik dan abiotik yang membantu proses penyerbukan tumbuhan adalah serangga dan angin.

Serangga sebagai makhluk hidup berukuran kecil hidup dengan hinggap di berbagai tumbuhan untuk mencari nektar atau sari bunga untuk memproduksi madu.

Ketika serangga hinggap, serangga membuat serbuk sari menempel pada kakinya dan serbuk sari tersebut terbawa ke tumbuhan berikutnya hingga masuk ke dalam putik.Contoh serangga yang membantu penyerbukan antara lain, kupu-kupu, lebah, dan kepik.

Sedangkan angin sebagai komponen abiotik juga memiliki peran yang serupa, namun dengan cara mengembuskan benang sari ke kepala putik hingga terjadi penyerbukan tumbuhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com