Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keadaan Topografi Berpengaruh Terhadap Hal Ini

Kompas.com - 09/02/2022, 18:32 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comTopografi adalah studi yang mempelajari bentuk permukaan Bumi dan benda langit lain, seperti planet dan satelit. Topografi menyajikan data mengenai gambaran permukaan dan masing-masing vegetasi dan kehidupan berbeda di tiap permukaan Bumi.

Data tersebut menunjukkan bahwa topografi mempengaruhi banyak hal bagi kehidupan manusia. Contohnya, topografi di pegunungan berbeda dengan topografi di daerah pantai.

Dilansir dari Sciencing, keadaan topografi berpengaruh pada hal-hal berikut ini.

1. Suhu udara

Topografi membuat udara secara alami lebih dingin ketika dataran semakin tinggi. Setiap kenaikan ketinggian 304 meter, bisa mengakibatkan penurunan suhu hingga 15 derajat Celsius.

2. Curah hujan dan salju

Topografi pegunungan memiliki pengaruh besar terhadap curah hujan. Hal ini dipengaruhi tingkat penguapan dan pembentukan awan untuk menghasilkan hujan.

Pegunungan memiliki daratan yang tinggi. Semakin tinggi suatu daratan maka udaranya akan semakin dingin. Udara yang dingin memiliki kemampuan yang rendah untuk menahan uap air dibandingkan dengan udara yang lebih hangat. Hal ini menyebabkan uap air di udara pegunungan sangat padat dan mudah terjadi hujan.

Oleh karena itu, curah hujan dengan intensitas tinggi biasanya terjadi pada topografi yang tinggi. sebaliknya, curah hujan rendah terjadi pada dataran yang lebih rendah.

Baca juga: Manusia Purba 200.000 Tahun Lalu Sudah Diami Dataran Tinggi Tibet

3. Topografi membentuk angin

Masih dari topografi pegunungan, dataran tinggi ini menyebabkan terjadinya angin katabatik. Angin katabatik adalah angin yang berasal dari pegunungan dengan kepadatan tinggi menuju lereng gunung. Seperti yang telah dibahas di poin 2, daerah pegunungan memiliki udara yang padat akan uap air.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com