Resmi, Asteroid Trojan Baru Bergabung dalam Orbit Bumi

Kompas.com - 02/02/2022, 19:30 WIB
Mela Arnani,
Bestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Sebuah asteroid trojan baru, yang dinamai 2020 XL5, telah bergabung dalam orbit bumi mengelilingi matahari.

Bongkahan batu ini hanyalah objek kedua dari jenisnya yang pernah diidentifikasi secara meyakinkan. Penemuannya menawarkan wawasan baru mengenai batuan misterius tersebut.

Seperti trojan pertama, para astronom memperkirakan bahwa 2020 XL5 akan bertahan setidaknya selama 4.000 tahun sebelum meluncur ke bagian lain.

Baca juga: 5 Fakta Asteroid Raksasa yang Akan Melintas Dekat Bumi Awal Februari Nanti

"Penemuan asteroid trojan bumi kedua ini dapat meningkatkan pengetahuan kita tentang dinamika populasi yang sulit dipahami," tulis para ilmuwan seperti dikutip dari Live Science, Rabu (2/2/2022).

"Dengan membandingkan sifat orbit dari dua trojan bumi yang diketahui sejauh ini, kita dapat lebih memahami mekanisme yang memungkinkan stabilitas sementaranya," lanjut ilmuwan.

Adapun penelitian yang dilakukan telah dipublikasikan di Nature Communications.

Asteroid trojan

Asteroid trojan merupakan asteroid, yang juga dikenal sebagai planet minor, yang berbagi jalur orbit dengan benda-benda planet yang lebih besar lainnya di tata surya.

Asteroid-asteroid ini dapat ditemukan di dua wilayah gravitasi stabil yang memimpin dan mengikuti planet tersebut, yang dikenal sebagai titik lagrange.

Di titik lagrange, tarikan gravitasi antara planet dan matahari seimbang, dengan gaya sentripetal dari setiap benda kecil di wilayah tersebut.

Setiap sistem dua benda memiliki lima titik Lagrange, di antara bumi dan bulan serta antara bumi dan matahari.

Trojan telah terkenal di tata surya, dengan planet Jupiter memiliki paling banyak, yakni terdapat lebih dari 11.000 trojan. Sementara itu, Neptunus memiliki 32, Mars memiliki sembilan, dan Uranus memiliki satu.

Baca juga: Satelit SpaceX Berpotensi Gagalkan Astronom Mendeteksi Asteroid yang Mengancam Bumi

Lebih lanjut, trojan bumi lainnya, bernama 2010 TK7, yang merupakan bongkahan batu dengan diameter sekitar 300 meter (984 kaki), menggantung di sekitar L4 yang dikenal sebagai libration.

Kendati begitu, dalam waktu sekitar 15.000 tahun, interaksi gravitasi akan menendangnya keluar dari orbitnya saat ini.

Asteroid 2020 XL5 sangat mirip, yang juga melakukan librate di sekitar L4 dan hanya akan berkeliaran secara sementara.

Sebuah pengamatan baru menggunakan Teleskop Penelitian Astrofisika Selatan (SOAR) mengungkapkan orbitnya dengan lebih detail. Hasilnya memungkinkan para astronom untuk membedakan bahwa diameternya sebesar 1.180 meter (3.871 kaki)

"Data SOAR memungkinkan kami untuk membuat analisis fotometrik pertama dari objek. Hasilnya mengungkapkan, 2020 XL5 kemungkinan asteroid tipe C, dengan ukuran lebih besar dari satu kilometer," ujar seorang astronom Toni Santana-Ros dari Universitas Alicante di Spanyol.