Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER SAINS] 7 Tempat Berisiko Pusat Penularan Omicron | Gurita dari Luar Angkasa | Tahun Baru Imlek Disebut Tahun Macan Air

Kompas.com - 02/02/2022, 07:03 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Varian Omicron semakin meluas dan waspada ada tujuh tempat yang berpotensi menjadi pusat penularan Omicron. Berita ini menjadi salah satu artikel populer Sains sepanjang Selasa (1/2/2022).

Varian Omicron atau B.1.1.529 adalah varian virus corona yang diketahui lebih cepat menular, dibandingkan varian Delta, Alpha, Beta maupun varian-varian SARS-CoV-2 lainnya.

Oleh karenanya, masyarakat diimbau waspada terhadap tempat-tempat yang dapat berpotensi menjadi pusat penularan varian Omicron.

Sebab, tak dipungkiri, kini kasus Covid-19 terus meningkat, yang sebagian besar didominasi oleh infeksi varian Omicron.

Selain masih terkait perkembangan penularan varian Omicron, berita populer Sains yang tak kalah menarik adalah hasil studi di jurnal peer-review tentang gurita yang diklaim berasal dari luar angkasa.

Tepat 1 Februari 2022, masyarakat etnis Tionghoa merayakan Tahun Baru China 2573. Ucapan Imlek 2022, Gong Xi Fa Cai pun meramaikan berbagai lini media massa dan media sosial.

Hari Raya Imlek kali ini, disebut sebagai Tahun Macan Air. Peneliti BRIN jelaskan mengapa Tahun Baru China 2022 kali ini disebut demikian.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa puncak kasus varian Omicron di Indonesia akan terjadi akhir Februari, sehingga masyarakat diimbau waspada.

Berikut beberapa rangkuman berita populer Sains sepanjang Selasa (1/2/2022) hingga Rabu (2/2/2022) pagi ini.

7 tempat berisiko menjadi pusat penularan Omicron

Para ahli sepakat bahwa, mengingat varian Omicron lebih cepat menular, maka ada beberapa tempat yang dinilai paling berisiko menjadi pusat penularan Omicron.

Di antaranya, tempat dengan ventilasi buruk.
Pakar penyakit menular, Dr Serhat menyarankan agar masyarakat menghindari berada dalam ruangan terbatas, di mana orang-orang berada dalam jarak dekat satu sama lain.

Bahkan, meski orang yang telah divaksinasi berada di tempat dengan ventilasi yang buruk pun masih berisiko tertular varian Omicron, kendati bergejala ringan seperti pilek, batuk, sakit kepala, hingga demam.

Selanjutnya, tempat paling berisiko jadi pusat penularan varian Omicron adalah pusat perbelanjaan.

Tempat ini sering kali dikerumuni oleh masyarakat, terlebih saat ada promosi suatu produk.

Tidak mengherankan jika pusat perbelanjaan dapat berpotensi meningkatkan risiko penularan Covid-19 pada orang yang tidak disiplin protokol kesehatan (prokes).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com