Kompas.com - 29/01/2022, 12:02 WIB
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com - Jamur mempunyai membran inti (eukariotik), tetapi tidak dapat membuat makanan sendiri.

Jamur tidak memiliki klorofil, seperti tanaman, sehingga ia menyerap senyawa-senyawa organik sederhana dari lingkungan di sekitarnya untuk mendapatkan makanan.

Sebagian besar jamur merupakan organisme bersel banyak (multiseluler), contohnya adalah jamur kuping (Auricularia polytricha) dan jamur merang (Volvariella volvaceae).

Namun, ada pula jamur yang merupakan organisme bersel tunggal (uniseluler), seperti jamur ragi (Saccharomyces). 

Cara jamur berkembang biak

Dilansir dari Sumber Belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), jamur berkembang biak dengan dua cara, yakni secara aseksual atau perkembangbiakan vegetatif dan secara seksual atau perkembangbiakan generatif.

Baca juga: Cara Badak Berkembang Biak

Reproduksi vegetatif jamur bersel satu dilakukan dengan membentuk tunas.

Sementara itu, jamur multiseluler melakukan reproduksi aseksua dengan membentuk spora aseksual atau dengan fragmentasi hifa.

Pembentukan spora aseksual ini berfungsi untuk menyebarkan spesies dalam jumlah besar, misalnya zoospora, endospora, dan konidia. 

Reproduksi seksual jamur dilakukan dengan spora seksual, seperti zigospora, askospora, basidiospora, dan oospora, melalui peleburan antara hifa yang berbeda jenis. 

Dilansir dari Sciencing, spora jamur rentan mati jika tidak mendarat di lingkungan yang sesuai sehingga jamur harus memproduksinya dalam jumlah besar. 

Baca juga: Cara Semut Berkembang Biak

Misalnya, jamur dalam filum Basidiomycota dapat melepaskan lebih dari satu juta spora sehari.

Jamur ini memiliki dua tahap penyebaran spora. Pertama, penyebaran spora didukung oleh pelepasan tegangan permukaan yang menembakkan spora ke angin. Kedua, spora jamur rontok setelah dibuka dan terbawa angin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.