Kompas.com - 29/01/2022, 09:02 WIB


KOMPAS.com - Studi baru mengungkapkan bahwa suntikan vaksin Covid-19 berpotensi dapat mengurangi risiko Long Covid-19 pada pasien.

Dalam studi tersebut, para peneliti menganalisis data milik Kantor Statistik Nasional Inggris (ONS) pada lebih dari 6.000 orang.

Mereka diketahui telah menerima dua dosis vaksin Pfizer dan Moderna. Kemudian, peneliti menemukan sebanyak 41 persen orang yang sudah divaksinasi lengkap lebih kecil kemungkinannya memiliki gejala, 12 pekan setelah didiagnosis Covid-19.

Artinya, orang yang sudah divaksinasi Covid-19 kecil kemungkinannya untuk mengalami Long Covid.

Sedangkan pada mereka yang sebelumnya mendapatkan vaksin AstraZeneca 37,7 persen lebih rendah mengalami gejala Long Covid.

Baca juga: Dua Dosis Vaksin Covid-19 Mengurangi Setengah Risiko Long Covid

 

Namun, riset manfaat vaksin Covid-19 terhadap potensi long Covid tersebut tidak mengikutsertakan efektivitas vaksin booster atapun data sejak gelombang Omicron terjadi.

Dilansir dari Independent, Kamis (27/1/2022) dosen di Kings College London, Dr Claire Steves mengatakan penelitian itu mendukung temuan sebelumnya yang telah dipublikasikan menggunakan data berbeda.

“Ini adalah alasan lain bagi masyarakat untuk divaksinasi, serta mengurangi risiko penyakit awal yang parah," terangnya.

Steves mencatat bahwa meski menjanjikan, vaksin Covid-19 tidak sepenuhnya menghilangkan risiko paparan virus corona.

"Penting bagi kita untuk mencari strategi pengobatan dan memastikan orang yang terkena dampak memiliki dukungan yang mereka butuhkan,” kata Dr Steves menjelaskan meski manfaat vaksin Covid-19 dapat mengurangi long Covid, tapi risiko terpapar masih memungkinkan terjadi.

Baca juga: Pasien Long Covid Pulih Setelah Disuntik Vaksin Covid-19, Studi Jelaskan

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.