Kompas.com - 28/01/2022, 20:30 WIB

KOMPAS.com - Para ilmuwan tengah mengamati objek misterius di galaksi Bima Sakti yang melepaskan ledakan besar energi radio, setidaknya setiap 18 menit sekali. Menurut mereka, fenomena aneh ini belum pernah terihat sebelumnya.

Sebelumnya, objek yang mengeluarkan energi ke alam semesta kerap didokumentasikan oleh ilmuwan. Akan tetapi, energi yang bisa menyala selama satu menit ini adalah sesuatu yang tidak biasa.

"Objek ini muncul dan menghilang selama beberapa jam selama pengamatan kami," ujar ilmuwan dari International Centre for Radio Astronomy Research, Natasha Hurley-Walker.

Hurley-Walker tidak menduga lantaran fenomena ini agak menakutkan bagi para astronom. Menurutnya, tidak ada benda di langit yang dapat melepaskan energi sebesar itu hingga terdeteksi di Bumi.

Baca juga: Objek Misterius di Bulan Akhirnya Terpecahkan, Apa Itu Sebenarnya?

"Objek itu sangat dekat dengan kita, sekitar 4.000 tahun cahaya jauhnya," sambng dia.

Melansir Independent, Kamis (27/1/2022) seorang mahasiswa di Curtin University bernama Tyrone O'Doherty adalah yang pertama kali menyaksikan objek tersebut, menggunakan teleskop Murchison Widefield Array (MWA) di pedalaman Australia Barat.

“Hal ini sangat menarik karena sumber yang saya identifikasi tahun lalu ternyata objek yang aneh,” ungkap O'Doherty.

Dia menambahkan, bahwa teleskop MWA memiliki sensitivitas tinggi untuk mengamati seluruh langit dan mendeteksi hal-hal yang tidak terduga, seperti objek misterius yang dapat melepaskan energi tersebut.

Dalam laporan yang telah diterbitkan di jurnal Nature pada Kamis lalu, para ilmuwan menduga bahwa objek tersebut kemungkinan sebuah bintang neutron atau katai putih yaitu bintang kecil yang kehilangan sinarnya dan memiliki medan magnet sangat kuat.

Objek ini, kata mereka, berputar dengan cepat di ruang angkasa sehingga radiasinya memancar ke arah Bumi setiap tiga kali per jam.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.