Pasien Covid-19 Isoman Diberikan Vitamin C, B, E dan Zinc Gratis, Apa Saja Manfaatnya?

Kompas.com - 28/01/2022, 17:00 WIB
Ilustrasi isolasi mandiri. Pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri (isoman) akan diberikan berbagai multivitamin. Di antaranya seperti vitamin C, B, E, dan Zinc secara gratis. SHUTTERSTOCK/StockLiteIlustrasi isolasi mandiri. Pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri (isoman) akan diberikan berbagai multivitamin. Di antaranya seperti vitamin C, B, E, dan Zinc secara gratis.


KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) menyediakan layanan telemedicine atau telemedisin bagi pasien Covid-19 yang terinfeksi varian Omicron, dan sedang melakukan isolasi mandiri (isoman).

Melalui layanan ini, pasien Omicron akan mendapatkan layanan telekonsultasi online serta paket obat gratis.

Menurut Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi, telemedisin isolasi mandiri dapat diakses melalui situs https://isoman.kemkes.go.id/.

Pihaknya telah bekerja sama dengan 17 platform telemedisin yang bisa memberikan konsultasi dan resep obat atau multivitamin apa saja yang dibutuhkan bagi pasien.

Adapun paket obat Covid-19 gratis untuk pasien isoman yang disediakan di antaranya:

  • Paket A untuk pasien tanpa gejala, terdiri dari multivitamin C, B, E, dan zinc 10 tablet.
  • Paket B untuk pasien bergejala ringan, terdiri dari multivitamin C, B, E, dan zinc 10 tablet, obat Favipiravir 200mg 40 kapsul, atau obat Molnupiravir 200 mg dan parasetamol tablet 500mg (jika dibutuhkan).

Baca juga: Apa Saja Vitamin untuk Pasien Covid-19 yang Menjalani Isolasi Mandiri?

 

Manfaat vitamin untuk pasien Covid-19 isoman

Terkait dengan pemberian multivitamin bagi pasien Covid-19, Guru besar Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof Dr Zullies Ikawati, Apt menyebutkan bahwa vitamin yang dikaitkan dengan sistem imun sebenarnya adalah vitamin C, D, dan E.

Dijelaskan Zullies, manfaat vitamin C dapat membantu sel-sel imun untuk berpindah menuju tempat infeksi dan membunuh mikroba.

"Pada saat yang sama vitamin C juga menjaga jaringan inang dari kerusakan yang berlebihan akibat meningkatnya matinya sel-sel imun neutrofil dan aktivitas makrofag," ujar Zullies saat dihubungi Kompas.com, Jumat (28/1/2022).

Dosis harian vitamin C yang disarankan adalah 75 mg per hari untuk wanita, dan 90 mg per hari untuk pria.

Vitamin C ini, menurut Zullies, bagi pasien Covid-19 yang melakukan isoman, diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mempertahankan respons yang memadai terhadap patogen atau mikroorganisme penyebab penyakit serta menghindari kerusakan pada inangnya, yaitu manusia.

Baca juga: Vitamin D Membantu Mencegah Covid-19, Benarkah?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.