Kompas.com - 28/01/2022, 15:32 WIB
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com - Sebagai upaya perawatan, pasien Covid-19 Omicron bisa melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah.

Namun, tidak semua pasien Covid-19 Omicron diizinkan melakukan isolasi mandiri karena ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Syarat-syarat isolasi mandiri tersebut tercantum dalam Surat Edaran Menteri Kesehatan RI Nomor HK.02.01/MENKES/18/2022 tentang Pencegahan dan Pengendalian Kasus C-19 Varian Omicron yang ditetapkan pada 17 Januari 2022.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, telah mengeluarkan Surat Edaran dengan Nomor HK.02.01/MENKES/1391/2021 tentang Pencegahan dan Pengendalian Kasus COVID-19 Varian Omicron yang ditetapkan pada 30 Desember 2021.

Dalam SE tersebut, terdapat ketentuan yang mengatakan bahwa seluruh kasus probable dan konfirmasi varian Omicron, baik yang bergejala maupun tidak bergejala, harus melakukan isolasi di rumah sakit yang menyelenggarakan pelayanan Covid-19.

Baca juga: Varian BA.2 Omicron Terdeteksi di 40 Negara, Apa Itu?

Sementara itu, sejumlah penelitian awal di Denmark, Afrika Selatan, Kanada, Inggris dan Amerika Serikat menunjukkan bahwa risiko perawatan di rumah sakit untuk varian Omicron lebih rendah daripada varian Delta. 

Dengan mempertimbangkan hal tersebut dan seiring dengan perkembangan kasus Covid-19, pihak pemerintah melakukan penyesuaian kebijakan upaya penanganan kasus varian Omicron dengan menerbitkan surat edaran baru.

“Ketentuan pencegahan dan pengendalian Covid-19 sekarang mengacu pada surat edaran yang baru, salah satunya tentang isolasi mandiri,” ujar Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kemenkes, dr. Siti Nadia Tarmidzi.

Syarat isolasi mandiri untuk pasien Covid-19 Omicron

Dilansir dari Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan, dalam surat edaran baru, telah ditetapkan bahwa pasien Covid-19 tanpa gejala dan gejala ringan dapat melaksanakan isolasi mandiri, jika memenuhi syarat klinis dan syarat tempat tinggal.

Baca juga: Apa Saja Gejala Varian Omicron pada Balita?

Berikut adalah syarat klinis yang harus dipenuhi pasien Covid-19:

  1. Harus berusia 45 tahun ke bawah Tidak memiliki komorbid
  2. Dapat mengakses telemedicine atau layanan kesehatan lainnya
  3. Berkomitmen untuk tetap diisolasi sebelum diizinkan keluar rumah

Sementara itu, syarat tempat tinggal yang harus dipenuhi pasien Covid-19 untuk isolasi mandiri di rumah adalah:

  1. Pasien harus tinggal di kamar terpisah, lebih baik jika di lantai terpisah
  2. Ada kamar mandi di dalam rumah yang terpisah dengan penghuni rumah lainnya
  3. Dapat mengakses pulse oksimeter

Jika pasien tidak memenuhi syarat klinis dan syarat tempat tinggal, ia harus melakukan isolasi di fasilitas isolasi terpusat. 

Isolasi terpusat ini dilakukan di fasilitas publik yang telah disiapkan oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, atau swasta yang dikoordinasikan oleh Puskesmas dan dinas kesehatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.