Kompas.com - Diperbarui 16/04/2022, 15:40 WIB
Aliando Syarief mengaku sedang menjalani terapi gangguan mental OCD. Instagram @aliandoooAliando Syarief mengaku sedang menjalani terapi gangguan mental OCD.

KOMPAS.com - Aktor Aliando Syarief akhirnya kembali ke dunia hiburan setelah beberapa tahun vakum. Hal ini tak terlepas dari penyakit yang Januari lalu diungkapkannya, bahwa ia didiagnosis terkena gangguan mental obsessive compulsive disorder (OCD).

Seperti diberitakan Kompas.com, Kamis (27/1/2022) OCD membuat Aliando Syarief kesulitan untuk melakukan aktivitas. Diakuinya, untuk sekadar mandi saja membutuhkan perjuangan yang besar.

"Enggak bisa liburan, untuk mandi aja gue enggak bisa lho. Mandi itu susah, kayak mau jalan naik mobil atau ngambil barang itu sulit," kata Aliando dalam siaran langsung di akun Instagram-nya.

"Mandi si mandi tetap, tapi mandinya bayangin butuh perjuangan. Kayak gue lagi mandi tiba-tiba lu garuk kepala sampai tengkorak gitu," lanjutnya.

Aliando Syarief pun mengatakan bahwa kini sedang menjalani terapi untuk menyembuhkan penyakit OCD yang dideritanya.

Kini, dalam pemberitaan baru Kompas.com, Sabtu (16/4/2022), mengabarkan dirinya telah kembali beraktivitas di dunia hiburan dengan sebuah unggahan di akun Instagram-nya.

Baca juga: Aliando Syarief Mengaku Alami OCD, Bisakah Penyakit OCD Disembuhkan?

 

Apa itu OCD, penyakit yang dialami Aliando Syarief?

Dilansir dari laman Psychiatry, Jumat (28/1/2022) OCD adalah penyakit gangguan mental yang menyebabkan seseorang memiliki pikiran, ide, atau sensasi berulang yang tidak diinginkan (obsesif), hingga membuat mereka melakukan sesuatu secara berulang (kompulsif).

Penderita gangguan obsesif kompulsif biasanya melakukan suatu pekerjaan secara berulang, misalnya mencuci tangan, memeriksa barang-barang ataupun membersihkannya.

Aliando mengidap OCD, yakni kondisi mental yang secara signifikan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari maupun interaksi sosial.

Gangguan obsesif kompulsif pun dapat dialami siapa saja, sering kali terjadi pada remaja dan orang dewasa. Namun, OCD juga bisa dialami sejak masa kanak-kanak.

Obsesif merupakan gangguan pikiran yang berulang dan terus-menerus hingga menyebabkan rasa cemas atau takut.

Meski mengetahui bahwa obsesif mereka tidak logis, namun orang dengan OCD, seperti yang dialami Aliando Syarief, akan sangat sulit melepaskan diri dari pikiran tersebut atau menghentikan tindakan kompulsif.

Baca juga: Mengenal OCD yang Dialami Aliando Syarief, Apa Penyebab dan Faktor Risikonya?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.