[POPULER SAINS]: Omicron Bertahan di Permukaan Plastik | Keraguan Pedagang Pasar tentang Vaksin | Matahari Terbenam Lebih Lambat

Kompas.com - 28/01/2022, 07:31 WIB
Berita populer Sains sepanjang Kamis (27/1/2022) hingga Jumat (28/1/2022). Mulai dari Omicron bertahan di permukaan plastik, keraguan pedagang pasar tentang vaksin, Matahari terbenam lebih lambat dan paus tak tenggelam. Kompas.comBerita populer Sains sepanjang Kamis (27/1/2022) hingga Jumat (28/1/2022). Mulai dari Omicron bertahan di permukaan plastik, keraguan pedagang pasar tentang vaksin, Matahari terbenam lebih lambat dan paus tak tenggelam.


KOMPAS.com - Sebuah studi mengungkapkan virus varian Omicron mampu bertahan di permukaan plastik hingga 21 hari, menjadi salah satu berita populer Sains sepanjang Kamis (27/1/2022) hingga Jumat (28/1/2022) pagi ini.

Studi yang dilakukan peneliti di Jepang ini mengungkapkan bahwa virus Omicron dapat bertahan lebih lama dibandingkan varian virus corona lainnya.

Program vaksinasi Covid-19 semakin gencar dilakukan. Sebuah survei mengungkapkan, keraguan pedagang pasar akan vaksin Covid-19 mulai menurun.

Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap vaksin Covid-19 mulai meningkat berdasarkan data hasil survei Katadata Insight Center (KIC).

Artikel populer Sains lainnya yakni tentang waktu matahari terbenam yang akan lebih lambat di sejumlah wilayah.

Fenomena matahari terbenam lebih lambat ini akan terjadi di Jawa, Bali dan Nusa Tenggara hingga 1 Februari mendatang.

Salah satu satwa terbesar penghuni lautan, yakni paus, adalah hewan laut yang memiliki ukuran sangat besar. Namun, paus tidak tenggelam meski menelan banyak air.

Rangkuman berita-berita populer Sains ini selengkapnya dapat disimak berikut ini.

Omicron bertahan di permukaan plastik hingga 8 hari

Studi ini dilakukan para peneliti di Universitas Kedokteran Perfektur Kyoto di Jepang, yang menganalisis perbedaan stabilitas lingkungan virus antara strain SARS-CoV-2 Wuhan (strain asli) dan semua Variant of Concern (VoC).

Hasilnya menunjukkan varian Alpha, Beta, Delta, dan Omicron mempunyai kelangsungan hidup lebih dari dua kali lipat lebih lama di permukaan plastik dan kulit, dibandingkan strain Wuhan.

Studi menemukan, varian Omicron mempunyai stabilitas lingkungan virus tertinggi di antara varian virus corona yang menjadi perhatian lainnya.

Kemungkinan menjadi salah satu faktor yang memungkinkan varian tersebut menggantikan varian Delta dan menyebar dengan cepat.

Pada permukaan plastik, waktu kelangsungan hidup rata-rata dari strain asli selama 56 jam, varian Alpha selama 191,3 jam, varian Beta selama 156,6 jam, varian Gamma selama 59,3 jam, varian Delta selama 114 jam, dan varian Omicron selama 193,5 jam.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.