Kompas.com - 26/01/2022, 20:01 WIB
Gurita selimut, Blanket Octopus adalah gurita langka. Gurita ini menampakkan diri di perairan Great Barrier Reef. @jacintashackleton via LIVE SCIENCEGurita selimut, Blanket Octopus adalah gurita langka. Gurita ini menampakkan diri di perairan Great Barrier Reef.


KOMPAS.com - Sebuah video yang menampilkan gurita berwarna merah terang dan berbentuk aneh baru-baru ini beredar di media sosial. Spesies gurita langka itu adalah gurita selimut betina, yang memiliki ukuran sangat besar.

Penemuan gurita selimut atau blanket octopus ini direkam oleh ahli biologi kelautan, Jacinta Shackleton di perairan Great Barrier Reef di timur laut Australia.

Penamaan blanket octopus sendiri digunakan karena gurita ini memiliki jubah berdaging seperti selimut di antara lengannya.

Melansir Live Science, Senin (17/1/2022) gurita langka tersebut pertama kali dilaporkan oleh kantor berita lokal Australia, Bundaberg Now.

Spesies gurita selimut adalah salah satu hewan hewan langka dan memiliki keunikan lain. Dalam serba-serbi hewan kali ini, ada beberapa fakta gurita selimut yang unik, dari ukuran hingga cara mereka kawin.

Seperti dilansir dari National Geographic, Selasa (25/1/2022) blanket octopus atau gurita selimut jantan dan betina merupakan salah satu pasangan hewan yang paling aneh di dunia bawah laut.

Sebab, mereka memiliki ukuran tubuh yang sangat berbeda. Gurita jantan memiliki ukuran sebesar kenari dengan panjang yang kurang dari satu inci.

Baca juga: Gurita Paling Langka Ini Menampakkan Diri di Great Barrier Reef

 

Sedangkan beberapa gurita selimut betina memiliki panjang hingga mencapai 1,8 sampai 2 meter. Bahkan, mereka juga memiliki bobot tubuh hingga 40.000 kali lebih berat daripada para pejantan.

Kondisi ini disebut dengan dimorfisme ukuran seksual yaitu perbedaan ukuran hewan yang berbeda jenis kelamin dalam spesies yang sama.

Namun, para ilmuwan sejauh ini masih belum mengetahui mengapa hal ini bisa terjadi, mereka menduga bahwa jantan menghabiskan lebih banyak energi mereka untuk mencari pasangannya dibandingkan untuk berkembang.

Gurita selimut yang ditemukan secara tak sengaja oleh ahli biologi kelautan, Jacinta Shackleton, juga merupakan jenis gurita betina yang berukuran cukup besar.

Dia memotret gurita saat sedang menyelam di lepas pantai Pulau Lady Elliot di Queensland pada 6 Januari 2022 lalu.

"Ketika saya pertama kali melihatnya (gurita selimut betina), saya pikir itu mungkin ikan remaja dengan sirip panjang, tetapi ketika mendekat, saya menyadari itu adalah gurita selimut dan saya sangat gembira dan tidak bisa menahan kegembiraan saya," kata Shackleton.

Baca juga: Fakta-fakta Gurita Pasifik Raksasa, Gurita Terbesar di Dunia

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.