Kompas.com - 26/01/2022, 12:05 WIB

KOMPAS.com - Ahli genetika berencana untuk menghidupkan kembali mammoth berbulu dari kematian dalam waktu enam tahun ke depan.

Rencana itu dilakukan dengan menciptakan persilangan dengan gajah Asia.

Jika berhasil, ilmuwan telah menyusun rencana membawa mammoth berbulu ini kembali ke Kutub Utara dengan harapan dapat membantu memperlambat perubahan iklim.

Ide untuk menghidupkan mammoth ini tengah dipersiapkan oleh ahli genetika Harvard George Church bersama pengusaha teknologi Ben Lamm dengan mendirikan Colossal, sebuah perusahaan biosains dan genetika baru yang bermaksud menghidupkan kembali beberapa spesies yang punah.

Baca juga: Studi Ungkap Manusia Bukan Penyebab Mammoth Punah

Mengutip Independent, Selasa (25/1/2022) misi pertama mereka adalah menciptakan gajah hibrida yang menyerupai raksasa prasejarah yang akan berkembang biak di iklim Arktik yang dingin.

Para peneliti berencana untuk melakukan ini dengan mengambil sel-sel kulit dari gajah Asia, yang terancam punah, dan memasukkannya ke dalam sel induk dengan DNA mammoth beku untuk membuat embrio.

Pemilihan gajah Asia ini lantaran memiliki susunan DNA yang mirip 99,6 persen dengan mammoth.

Selanjutnya, embrio-embrio ini kemudian akan dibawa sampai cukup bulan oleh ibu pengganti atau dalam rahim buatan di laboratorium.

Jika semuanya berjalan sesuai rencana, tim ilmuwan pun berharap untuk memiliki bayi mammoth pertama dalam enam tahun ke depan.

Ilmuwan percaya, bahwa mamoth hibrida ini nantinya dapat membantu memperlambat perubahan iklim dengan cara menginjak-injak pohon rendah oksigen dan mengekspos rumput yang sehat. Mereka juga akan menangkap karbon untuk memulihkan tundra Arktik.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.