Kompas.com - 25/01/2022, 19:03 WIB

KOMPAS.com - Studi terbaru menunjukkan bahwa ketika kita tidur, otak lebih aktif setelah mendengar suara-suara asing dibandingkan suara yang sangat familiar.

Artinya, otak manusia mampu untuk memproses informasi di lingkungan sekitar, bahkan dalam keadaan tidur. Riset tersebut dilakukan ahli saraf kognitif, Manuel Schabus dari University of Salzburg di Austria bersama timnya terhadap 17 partisipan, dengan usia rata-rata 23 tahun.

Mereka dipantau di laboratorium khusus selama dua malam, di mana aktivitas otak diamati menggunakan mesin electroencephalography (EEG).

“Malam pertama dimaksudkan agar subjek merasa nyaman dengan lingkungan barunya,” ujar Schabus seperti dilansir dari New Scientist, Senin (17/1/2022).

Baca juga: 3 Penyebab Coronasomnia, Gangguan Tidur yang Dialami Penyintas Covid-19

Di malam kedua, saat para partsipan penelitian tertidur, peneliti memutar rekaman audio berupa suara manusia secara berulang-ulang.

Suara itu kemungkinan asing bagi beberapa orang, atau dikenali oleh yang lainnya karena merupakan suara dari orangtua maupun pasangan mereka.

Rekaman audio tersebut diputar selama empat periode dalam waktu 90 menit di malam hari. Setiap rekaman akan diputar kembali, peneliti memberikan jeda selama 30 menit agar peserta bisa lebih mudah tertidur.

Sementara, volume suara disesuaikan agar tidak membangunkan mereka

“Kami menyesuaikan level suara satu per satu,” terang Schabus.

Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa suara-suara asing menghasilkan lebih banyak aktivitas otak pada orang yang tidur dibandingkan suara yang lebih dikenali.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.