Kompas.com - 25/01/2022, 12:05 WIB

KOMPAS.com - Wahana penjelajah Perseverance yang sedang bertugas di Mars menemukan batuan misterius.

Batuan itu berlapis warna ungu dan mereka ditemukan di mana-mana. Ukurannya pun beragam mulai dari batu besar hingga kerikil kecil.

Namun para ilmuwan NASA masih tak yakin apakah lapisan ungu ini dan bagaimana terbentuknya.

Seperti dikutip dari IFL Science, Senin (24/1/2022) Perseverance telah menemukan batu ungu tersebut di hampir setiap situs yang diekplorasi sejauh ini, yakni di Kawah Jazero.

Baca juga: Karbon Purba Planet Mars Ditemukan Curiosity NASA, Seperti Apa?

"Saya belum punya jawaban untuk menjelaskan bebatuan ini," kata ahli geokimia Ann Ollila yang mempresentasikan analisis awal lapisan ungu misterius tersebut di konferensi American Geophysical Union (AGU) baru-baru ini.

Warna ungu itu menurut ilmuwan muncul sebagai lapisan tipis dan halus pada beberapa batu. Dengan mengurai susunan kimianya, kemungkinan akan menawarkan wawasan tentang lingkungan purba Mars.

Sebenarnya, ini bukan pertama kalinya batu dengan lapisan berwarna ditemukan di Mars. Sebelumnya wahana penjelajah Curiosity juga menemukan beberapa di dekat dasar Gunung Sharp pada 2016.

NASA kemudian mencatat bahwa kerikil berwarna ungu mengandung kristal oksida besi.

Sementara itu dengan menggunakan Supercam milik Perseverance, tim Ollila juga mempelajari lapisan ungu tersebut.

Hasil awal tampaknya menunjukkan lapisan ungu lebih lembut dan berbeda secara kimiawi dari lapisan batuan di bawahnya dan mungkin diperkaya pula dengan hidrogen dan magnesium.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.