Kompas.com - 25/01/2022, 11:03 WIB

KOMPAS.com - Selama pandemi Covid-19 banyak peneliti di seluruh dunia mulai mengembangkan tes Covid-19 untuk menjadi alternatif alat PCR yang masih digunakan hingga sekarang.

Salah satunya adalah para peneliti di Skotlandia yang juga berambisi untuk menciptakan perangkat tersebut. Mereka telah mengembangkan tes Covid-19 berbasis kecerdasan buatan (AI) menggunakan teknologi sinar-X.

Alat ini, dikatakan peneliti dapat mendeteksi Covid-19 hanya dalam hitungan menit dan tingkat akurasinya mencapai 98 persen.

Adalah tim peneliti dari University of the West of Scotland (UWS) yang menciptakan teknologi tes Covid-19 menggunakan AI untuk membantu tim medis terutama di negara-negara yang sulit mengakses pengujian virus corona melalui alat PCR.

Baca juga: Alat Tes Covid-19 RT-LAMP dari BRIN Kantongi Izin Edar, Diklaim Mampu Deteksi Omicron

Melansir The Economic Times, Kamis (20/1/2022) teknologi sinar-X digunakan untuk membandingkan pemindaian ke database terhadap 3.000 hasil scan milik pasien Covid-19, orang yang sehat, serta pasien dengan pneumonia.

Kemudian, proses AI yang dinamakan deep convolutional neural network mulai menganalisis algoritma citra visual dan membuat diagnosis.

Menurut studi yang telah dipublikasikan di jurnal Sensors, teknik ini diklaim 98 persen akurat selama pengujian, dan hasilnya lebih cepat dibandingkan PCR yang membutuhkan waktu dua jam.

“Sudah lama ada kebutuhan akan alat yang cepat dan andal yang dapat mendeteksi Covid-19, dan ini menjadi semakin nyata dengan meningkatnya varian Omicron,” terang pemimpin studi dari UWS, Profesor Naeem Ramzan.

Selain Ramzan, studi ini juga melibatkan peneliti lainnya yaitu Gabriel Okolo dan Dr Stamos Katsigiannis.

Sementara ini, para peneliti mencatat, bahwa gejala Covid-19 tidak terlihat melalui pemindaian sinar-X selama tahap awal infeksi, sehingga mereka menegaskan teknologi tersebut tidak sepenuhnya bisa menggantikan tes PCR.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.