Kompas.com - 25/01/2022, 08:31 WIB


KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 telah mengacaukan banyak sektor kehidupan di hampir seluruh negara di dunia. Ini membuat masyarakat bertanya-tanya kapan kita bisa keluar dari pandemi dan menghadapi penyakit Covid-19 ini sebagai endemi saja?

Juru Bicara Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi M.EPid dalam diskusi daring bertajuk Super Immunity on Covid-19 : What and How?, Sabtu (22/1/2022) menjelaskan bahwa tetap ada peluang untuk menjadikan penyakit Covid-19 ini sebagai endemi tidak lagi pandemi.

"Peluang menjadi Covid-19 ini masuk kategori penyakit endemi saja masih ada," kata Nadia.

Namun, sebelum membahas mengenai apa yang bisa dan harus dilakukan agar endemisitas Covid-19 ini tercapai. Anda sebaiknya perlu mengetahui terlebih dahulu tingkatan kriteria penyebaran suatu penyakit menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Ada tiga tingkatan yang disebutkan oleh WHO berdasarkan penyebaran suatu penyakit, di antaranya yakni endemi, epidemi dan pandemi. Berikut penjelasannya.

Endemi

Endemi adalah penyakit yang muncul dan menjadi karakteristik di wilayah tertentu, misalnya penyakit malaria di Papua. 

Baca juga: Studi: Pandemi Covid-19 Pengaruhi Kondisi Ibu Hamil dan Janin

Penyakit ini akan selalu ada di daerah tersebut, namun dengan frekuensi atau jumlah kasus yang rendah. Inilah yang membedakan penyakit endemi dan pandemi. Contoh penyakit lainnya di Indonesia yang termasuk endemi adalah Demam Berdarah Dengue (DBD).

Epidemi

Epidemi adalah tingkatan yang ditujukan ketika suatu penyakit telah menyebar dengan cepat ke wilayah atau negara tertentu dan mulai memengaruhi populasi penduduk di wilayah atau negara tersebut.

Adapun, contoh dari penyakit yang dinyatakan sebagai epidemi adalah Virus Ebola di Republik Demokratik Kongo (DRC) pada 2019, flu burung (H5N1) di Indonesia pada 2012, SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) di China pada tahun 2003, dan penyakit Ebola di Negara Afrika pada tahun 2014.

Pandemi

Perbedaan endemi dan pandemi, pandemi merujuk pada kondisi wabah penyakit yang terjadi serempak di mana-mana, meliputi daerah geografis yang luas misalnya seluruh negara atau benua.

Dengan kata lain, pandemi, dalam hal ini seperti pandemi Covid-19, penyakit ini sudah menjadi masalah bersama bagi seluruh warga dunia. 

"Pandemi adalah suatu epidemi yang menyebar luas di level global," kata Nadia.

Baca juga: Vaksin Booster, Bisakah Mengakhiri Pandemi Covid-19? Ini Kata Ahli

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.