Kompas.com - 23/01/2022, 18:03 WIB
Ilustrasi tawon vespa. Seorang sopir di Kalimantan Tengah (Kalteng) meninggal dunia usai disengat tawon  vespa. Alpsdake via WIKIMEDIA COMMONSIlustrasi tawon vespa. Seorang sopir di Kalimantan Tengah (Kalteng) meninggal dunia usai disengat tawon vespa.

KOMPAS.com - Sama seperti manusia, sebagian besar hewan yang ada di Bumi melakukan perkawinan dengan pasangannya untuk menghasilkan keturunan. Namun, beberapa spesies hewan memiliki keunikan saat kawin, tawon adalah salah satunya.

Proses perkawinan tawon terbilang cukup ekstrem dibandingkan hewan lainnya. Pasalnya, tawon jantan akan mati setelah kawin dengan betinanya.

Pada spesies tawon jaket kuning atau Vespula maculifrons yang biasa kita jumpai di kebun sekitar rumah, memiliki ratu yang akan memberikan keturunan bagi koloninya.

Baca juga: Ikan Anglerfish Menggigit Perut Betina dan Menempel seperti Parasit Saat Kawin

Dilansir dari Best Bee Brother, Kamis (7/10/2021) musim kawin tawon sosial seperti tawon jaket kuning terjadi sekitar bulan Juni sampai September, yaitu ketika sang ratu tawon mulai kehabisan sperma dari tawon jantan yang telah disimpan di sarangnya.

Oleh karena itu, ratu tawon memerlukan pejantan untuk dikawini.

Menariknya, jenis tawon sosial dan tawon soliter atau penyendiri memiliki siklus perkawinan yang berbeda. Lantas, seperti apa perbedaan dari proses perkawinan keduanya?

Proses perkawinan tawon sosial

Seperti dilansir dari Pets on Mom, Kamis (20/1/2022) sebagian besar spesies tawon sosial betina dan jantan akan kawin setahun sekali.

Setelah bereproduksi, tawon betina akan berhibernasi di tanah atau di ruang tertutup. Sedangkan tawon jantan akan mati seusai proses tersebut berlangsung.

Kemudian, sekitar bulan Desember tawon betina yang telah dibuahi memulai koloninya dengan bertelur di dalam sarang yang tampak berlubang.

Larva tersebut akan menetas dari telur lalu diberi makan oleh induknya. Sementara, tawon pekerja dewasa akan datang 10 hari kemudian untuk merawat telur-telur baru.

Di sisi lain, beberapa tawon pekerja betina tidak bisa memberikan keturunan, sehingga satu-satunya tujuan mereka hidup ialah untuk memberi makan anak tawon dan membantu ratunya.

Baca juga: Punya Penis Berduri, Bagaimana Kumbang Kacang Jantan Kawin?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.