Kanker Ovarium Disebut Silent Killer, Shahnaz Haque: Jangan Takut Pengobatannya, Takutlah Penyakitnya

Kompas.com - 20/01/2022, 09:32 WIB


KOMPAS.com- Kanker ovarium menjadi penyakit yang disebut sebagai silent killer atau pembunuh senyap, dan menempati urutan lima teratas dari kanker yang khusus terjadi pada perempuan.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Himpunan Onkologi Ginekologi Indonesia (HOGI), Dr dr Brahmana Askandar SpOG(K), K-Onk dalam diskusi daring bertajuk Kampanye 10 Jari, Kamis (13/1/2022).

Brahmana mengatakan, kanker ovarium disebut sebagai silent killer atau pembunuh senyap itu bukan tanpa alasan.

Alasan utama kanker ovarium bisa membunuh wanita yang diserangnya yakni karena tidak ada gejala khas yang dapat diidentifikasi atau disadari secara langsung.

"Kanker ovarium adalah salah satu kanker yang dikenal sebagai silent killer bagi kaum perempuan karena penyakit tersebut tidak menunjukkan gejala apapun di stadium awal," kata Brahmana.

Baca juga: Penyebab dan Gejala Kanker Ovarium yang Harus Diwaspadai

 

Gejala kanker ovarium stadium awal yang dapat terdeteksi tidaklah banyak. Menurut Brahmana, hanya 20 persen dari kanker ovarium yang terdeteksi pada stadium awal.

Sementara, kurang lebih ada sekitar 26 wanita yang meninggal dunia setiap harinya karena penyakit kanker yang satu ini, karena kebanyakan pasien datang ke rumah sakit sudah dalam kondisi tumor ganas stadium lanjut.

Dengan begitu, kata Brahmana, menjadi hal penting untuk dapat menemukan tumor ganas yang menyerang ovarium ini lebih dini. Sebab, 94 persen pasien dapat hidup lebih dari 5 tahun setelah didiagnosis saat kanker ovarium baru stadium awal.

"Musuh utama dari kanker ovarium adalah kekambuhan karena sebagian besar ditemukan tidak dalam stadium dini," kata Brahmana

Cerita penyintas kanker ovarium

Seperti yang dialami oleh selebriti Shahnaz Haque, dalam kesempatan yang sama, ia  menceritakan kisahnya sebagai penyintas kanker ovarium. SHahnaz mengungkapkan bahwa dirinya sempat didiagnosis penyakit yang juga disebut sebagai silent killer ini.

Baca juga: Kanker Ovarium Disebut Silent Lady Killer, Apa Saja yang Perlu Diketahui?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.