Gempa Sukabumi Hari Ini dan Gempa Banten, Apakah Berkaitan? Ini Penjelasan Ahli

Kompas.com - 17/01/2022, 13:05 WIB
Ilustrasi gempa bodnarchukIlustrasi gempa

KOMPAS.com - Setelah heboh pada Jumat (14/1/2022) gempa mengguncang wilayah Banten. Hari ini pada pukul 07.25 WIB, gempa mengguncang wilayah Sukabumi dengan kekuatan M 5,4.

Lalu, apakah kedua gempa ini berkaitan?

Menjawab pertanyaan itu, Gayatri Indah Marliyani, pakar Tektonik Aktif Geologi Gempa Bumi dari Pusat Studi Bencana Alam (PSBA) UGM angkat bicara.

Gayatri menjelaskan bahwa kedua gempa yang terjadi pekan ini di sekitar Banten dan Sukabumi tidak berkaitan.

"Gempa pagi ini lokasinya cukup juah dari lokasi gempa Banten beberapa hari lalu," kata Gayatri kepada Kompas.com, Senin (17/1/2022).

Baca juga: Gempa Bumi M 5,4 Guncang Sukabumi Sudah 1 Kali Susulan

Untuk diketahui, berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan episenter gempa bumi ini terletak pada koordinat 7,55 ° LS ; 105,83° BT.

Lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 100 km arah Barat Daya Kota Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 42 km.

Sedangkan gempa bumi tektonik yang mengguncang Banten, pukul 16.05 WIB, Jumat (14/1/2021) lalu diiketahui episenter atau pusatnya berada di 52 kilometer barat daya Sumur, Banten, tepatnya di koordinat 7,01 LS dan 105,26 BT dengan kedalaman 40 kilometer.

"Jadi ini berbeda sumber gempanya, akan tetapi masih pada sistem subduksi yang sama," kata dia.

"Ada kemungkinan bahwa gempa 3 hari lalu memberikan tambahan tekanan pada sistem sesar yang bergerak hari ini, sehingga terpicu. Kondisi ini bisa terjadi ketika sesar berdekatan dan berada pada tingkatan stress yang di ambang batas," tambahnya.

Sama seperti gempa Banten, gempa bumi yang terjadi hari ini di Sukabumi juga sama-sama masih berada di zona subduksi Jawa.

Baca juga: Gempa 6,7 Guncang Banten, Terasa di Jakarta, Bandung, hingga Bogor

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.