Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan Hiu Meningkat Saat Bulan Purnama, Kok Bisa?

Kompas.com - 17/01/2022, 11:01 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada hal-hal aneh yang terjadi di Bumi ketika Bulan purnama datang. Salah satunya adalah serangan hiu.

Penelitian baru dari Louisiana State University dan University of Florida menunjukkan, lebih banyak serangan hiu terjadi selama fase Bulan yang lebih penuh.

Mengutip Phys, Minggu (16/1/2022) peneliti menemukan lebih banyak serangan hiu terjadi selama periode pencahayaan Bulan yang lebih tinggi. Sementara serangan lebih sedikit selama periode pencahayaan Bulan yang lebih rendah.

Baca juga: Apakah Hiu Megalodon Benar-benar Sudah Punah?

Hasil tersebut berdasarkan analisis data serangan hiu global yang dikumpulkan selama 55 tahun, yakni dari 1960 hingga 2015.

Analisis dari jumlah serangan hiu di seluruh dunia selama beberapa dekade ini pun mengungkapkan korelasi yang jelas antara fase Bulan dan serangan hiu.

Meski begitu, peneliti mengaku belum mengetahui penyebab pasti mengapa hiu berperilaku demikian.

"Ini bukan masalah lebih banyak cahaya di malam hari sehingga hiu bisa melihat. Sebagian besar serangan hiu justru terjadi di siang hari," jelas ahli ekologi Steve Midway dari Louisiana State University.

Namun, menurut Midway, Bulan dapat memengaruhi kehidupan di Bumi dan lautan dengan cara yang jauh lebih halus, misalnya tarikan gravitasi.

Peneliti sendiri memaparkan bahwa masih terlalu dini untuk menyebut cahaya Bulan merupakan faktor penyebab serangan hiu.

Tetapi data baru ini dapat berfungsi sebagai informasi yang digunakan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang serangan hiu.

Selain itu, studi yang dipublikasikan di Frontiers in Marine Science tersebut dapat berguna untuk mengembangkan rekomendasi untuk kegiatan rekreasi berbasis air di masa depan.

Baca juga: 7 Jenis Ikan Hiu yang Populer, Salah Satunya Suka Menyerang Manusia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com