Kompas.com - 15/01/2022, 09:02 WIB
Satu rumah di Desa Kaduagung Timur, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak, ambruk saat gempa 6,7 mengguncang Banten Jumat (14/1/2022) KOMPAS.COM/ACEP NAZMUDINSatu rumah di Desa Kaduagung Timur, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak, ambruk saat gempa 6,7 mengguncang Banten Jumat (14/1/2022)


KOMPAS.com - Gempa bumi tektonik bermagnitudo M 6,7 mengguncang wilayah Banten dan terasa hingga ke berbagai wilayah lainnya seperti Jakarta dan Lampung, Jumat (14/1/2021) sore.

Berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa di Banten ini terjadi pada pukul 16.05 WIB, Jumat (14/1/2021).

Gempa Banten diketahui bahwa pusatnya berada di 52 kilometer barat daya Sumur, Banten, tepatnya pada koordinat 7,01 LS dan 105,26 BT dengan kedalaman 40 kilometer.

Meski berpusat di laut Banten, tetapi dampak getaran dari guncangan gempa bumi ini dirasakan di berbagai daerah seperti Depok, Lembang, Tangerang Selatan, Kota Bandung, Jakarta, Bogor, Lampung dan beberapa wilayah lainnya.

Lantas, mengapa gempa bumi yang berpusat di Banten ini dapat terasa getarannya sampai Jakarta hingga Lampung?

Baca juga: Gempa Banten Terkini, Ahli Ingatkan Mitigasi Gempa Jakarta Sejak 2018 Lalu

 

Gayatri Indah Marliyani, pakar Tektonik Aktif Geologi Gempa Bumi dari Pusat Studi Bencana Alam (PSBA) UGM mengatakan, getaran atau guncangan gempa Banten bahkan sebenarnya tidak hanya terasa sampai Lampung dan sekitar Jakarta saja, melainkan hingga ke daerah Bandung dan Jawa Tengah bagian Barat.

Gempa Banten terasa hingga Jakarta, menurut Gayatri, getaran yang terasa hingga jarak jauh tersebut bisa terjadi karena kedalaman hiposenternya mencapai 40 kilometer.

Tidak hanya itu, fokal mekanismenya menunjukkan orientasi seara dengan arah zona subduksi di daerah tersebut.

"Untuk gempa di kedalaman ini umumnya tidak menyebabkan tsunami, kedalaman yang besar dan magnitudo yang cukup besar menyebabkan dia (getaran akibat guncangan gempa Banten) bisa dirasakan meluas hingga ke daerah Bandung dan Jawa tengah bagian barat," kata Gayatri kepada Kompas.com, Jumat (14/1/2022).

Ia menambahkan, gempa Banten terasa hingga Jakarta, bahkan Lampung, sebab, magnitudo yang cukup besar. Sehingga memicu getaran yang dirasakan di banyak wilayah lain sekitarnya, bukan hanya Banten saja.

Baca juga: Gempa 6,7 Guncang Banten, Terasa di Jakarta, Bandung, hingga Bogor

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.