Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shin Tae Yong Sebut Weight Training Jadi Kelemahan Timnas Indonesia, Latihan Apa Itu?

Kompas.com - 14/01/2022, 13:01 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengatakan weight training sebagai salah satu kelemahan dari pemain.

Menurut Shin Tae Yong, para pemain di Timnas masih banyak yang belum mengetahui weight training atau latihan beban ini, padahal latihan ini sangat penting dilakukan bagi atlet sepak bola.

"Weight training untuk menguatkan badan, maksudnya main bola, kan pasti main body. Bakal banyak nabrak, benturan, harus keras mainnya," ujar Shin Tae-yong, dikutip dari siaran di kanal YouTube Deddy Corbuzier, Selasa (11/1/2022).

Dalam siaran podcast Deddy Corbuzier Shin Tae Yong mengatakan, jika pemain bola tidak memiliki postur tubuh yang kuat, maka bisa menyebabkan mereka sulit bermain secara optimal lantaran sepak bola termasuk olahraga keras.

Lantas, sebenarnya apa itu weight training?

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga di Slim + Health Sports Therapy, Dr Michael Triangto, SpKO menjelaskan, bahwa weight training adalah bentuk latihan otot yang dimaksudkan untuk memberikan pembebanan pada otot yang akan dilatih.

Baca juga: Akhir Pekan, Saatnya Lakukan 6 Gerakan Latihan Otot Tanpa Alat

 

Menurutnya, weight training atau latihan beban, latihan seperti yang disampaikan Shin Tae-yong, bisa dilakukan dengan eksternal weight misalnya dengan angkat barbel atau dumbel.

Selain itu, latihan ini juga dapat dilakukan tanpa menggunakan alat, seperti menggunakan berat badan sendiri atau dikenal sebagai calisthenics.

Weight training apakah bisa dilakukan di rumah?

"Tentu saja bisa dilakukan sendiri (di rumah), namun tentu harus ada tujuannya dahulu. Jadi bagi yang tidak pernah melakukan (weight training) harus dilakukan bertahap," kata Michael saat dihubungi Kompas.com, Kamis (13/1/2022).

"Bagi yang sudah melakukan (weight training) yang sebelumnya sudah dilakukan secara teratur, tentunya dilakukan sesuai dengan tingkat kemampuan pada saat itu," lanjutnya.

Apabila weight training ditujukan untuk atlet, seperti diperuntukkan bagi pemain sepak bola seperti yang disampaikan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong, Michael mengatakan bahwa proses latihan disesuaikan dengan tingkat kemampuan atlet saat ini, atau bahkan bisa lebih ditingkatkan latihannya.

Baca juga: Apa Itu Latihan Aerobik? Ini Kata Dokter

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com