31 Tahun Bertugas, Teleskop Hubble Pecahkan Rekor 1 Miliar Detik di Luar Angkasa

Kompas.com - 14/01/2022, 08:05 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Teleskop Luar Angkasa Hubble kembali menunjukkan pencapaian pentingnya selama bertugas 31 tahun di orbit Bumi.

Observatorium ini diluncurkan pada 24 April 1990 di atas pesawat ulang alik Discovery. Teleskop memulai misinya untuk menyelidiki alam semesta yang luas, galaksi jauh, supernova, nebula, dan planet ekstrasurya.

Dan pada 1 Januari 2022, Hubble secara resmi telah memecahkan rekornya, yakni berada di luar angkasa selama satu miliar detik atau sekitar 31,7 tahun.

"Selama lebih dari tiga dekade, Hubble telah memberi kami penemuan ilmiah inovatif dan gambar ikonik luar angkasa," ungkap perwakilan NASA dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Teleskop Luar Angkasa Hubble Deteksi Uap Air di Satelit Jupiter

Mengutip Live Science, Kamis (13/1/2022) Teleskop Luar Angkasa Hubble adalah misi bersama NASA dan Badan Antariksa Eropa.

Dalam kurun 1993 hingga 2009, astronot mengunjungi Hubble lima kali dalam misi perbaikan untuk meningkatkan, serta mengganti sistem pada teleskop, seperti baterai, dan instrumen sains lainnya.

Berada di atas atmosfer Bumi, Hubble telah melakukan lebih dari 1,5 juta pengamatan selama lebih dari 30 tahun beroperasi.

Hasil pengamatan itu juga telah melahirkan makalah ilmiah yang telah diterbitkan.

Beberapa pengamatan Hubble yang paling penting adalah membantu menentukan usia alam semesta yaitu 13,8 miliar tahun, dan menemukan satelit kelima Pluto.

Selain itu, teleskop Hubble juga berhasil menemukan lubang hitam supermaasif di pusat sebagian besar galaksi besar, mempelajari efek lensa gravitasi yang membantu astronom memetakan distribusi materi gelap di alam semesta, serta menangkap beberapa gambar medan dalam yang paling luar biasa di alam semesta.