Kompas.com - 08/01/2022, 19:03 WIB

KOMPAS.com - Jumlah total kasus Covid-19 yang tercatat di seluruh dunia melewati 300 juta pada Jumat (7/1/2022), di tengah terus meluasnya penularan varian Omicron

Varian Omicron yang menyebar dengan cepat telah membuat rekor infeksi baru di negara-negara di seluruh dunia selama seminggu terakhir.

Dalam tujuh hari terakhir, sebanyak 24 negara telah mencatat jumlah kasus mingguan tertinggi sejak awal pandemi, termasuk 18 negara di Eropa dan tujuh di Afrika.

Melansir CNA, walaupun jauh lebih menular dari varian sebelumnya, Omicron terlihat menyebabkan penyakit yang lebih ringan dibandingkan strain virus lain.

Bahkan, saat virus Omicron mendorong sebanyak 13,5 juta kasus selama pekan lalu, sebesar 64 persen lebih tinggi dibandingkan tujuh haru sebelumnya, rata-rata kematian secara global turun 3 persen.

Baca juga: 5 Negara yang Jadi Pusat Omicron Terbaru, dari Turki hingga Australia

Mengutip data dari Amerika Serikat, Inggris, Kanada, dan Israel, risiko rawat inap pada 7 Januari 2022 sekitar 70 persen lebih rendah untuk varian Omicron.

Dengan rata-rata global 2 juta kasus baru yang terdeteksi setiap hari, para ahli memperingatkan jumlah yang sangat banyak dapat mengancam membanjiri sistem kesehatan.

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus menyampaikan, Omicron tidak boleh dikategorikan sebagai infeksi ringan, karena tetap menimbulkan penyakit dan kematian.

“Faktanya, tsunami kasus sangat besar dan cepat sehingga membanjiri sistem kesehatan di seluruh dunia,” kata Tedros.

Baca juga: WHO Sebut Omicron Bukan Penyakit Ringan

Kasus Omicron di dunia

Penyebaran Omicron sejak terdeteksi enam minggu lalu telah mendorong negara-negara untuk memperbanyak vaksinasi dan melakukan pembatasan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.