Kompas.com - 08/01/2022, 17:00 WIB

KOMPAS.com - Selain berdampak dan mempengaruhi kesehatan fisik, ternyata Covid-19 juga menyebabkan gangguan mental. Salah satunya adalah coronasomnia atau covidsomnia.

Covidsomnia atau coronasomnia adalah istilah yang mulai dikenal sekitar musim panas 2020 untuk menggambarkan dampak pandemi global terhadap pola tidur seseorang.

Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa, RS Pondok Indah- Puri Indah, dr Leonardi A Goenawan, Sp.KJ, mengatakan, istilah covidsomnia atau coronasomnia ini muncul dari data yang diperoleh di hampir seluruh belahan dunia yang memperlihatkan adanya jumlah besar populasi yang mengalami kesulitan tidur.

Salah satunya yang ditemukan berdasarkan observasi terhadap lebih dari 230.000 rekam medis pasien yang dimuat dalam jurnal The Lancet Psychiatry pada April 2021 lalu.

Baca juga: 4 Efek Insomnia terhadap Tubuh, Salah Satunya Jadi Rentan Penyakit

Studi tersebut menemukan bahwa satu dari tiga orang penyintas Covid-19 akan mengalami gangguan saraf atau gangguan psikiatri dalam kurun waktu enam bulan setelah terinfeksi virus Covid-19.

Gangguan psikiatri yang paling umum ditemukan menurut studi tersebut adalah insomnia dari gangguan kecemasan.

Sebanyak 13 persen dari pasien Covid-19 terdiagnosis mengalami keluhan ini. Diagnosis tersebut menjadi diagnosis pertama kali, artinya mereka tidak pernah memiliki riwayat insomnia sebelumnya.

Selanjutnya, pada 2020 juga, British Sleep Society melaporkan bahwa kurang dari separuh penduduk Inggris mendapatkan "tidur yang menyegarkan".

Sementara di Amerika Serikat, masalah kurang tidur sudah dianggap sebagai epidemi oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC).

Baca juga: Tak Semua Insomnia Sama, Kenali 5 Jenisnya

Hal ini dikarenakan, sejak berlangsungnya pandemi Covd-19, kasus insomnia semakin meningkat hingga mencapai 40 persen.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.