Kompas.com - 08/01/2022, 12:02 WIB


KOMPAS.com - Mantan Kepala Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman Prof Dr Amin Soebandrio meminta agar kemampuan para peneliti muda tidak diremehkan.

Hal tersebut disampaikan saat diskusi Narasi Institute pada Jumat (7/1/2022).

Amin menceritakan pengalamannya selama bergabung dalam Lembaga Eijkman, termasuk kebijakan yang diambilnya dalam memberikan kesempatan bagi para peneliti muda agar dapat mempublikasikan temuannya.

“Tahun 2014 jumlah publikasi itu sekitar 30-an per tahun, itu dihasilkan oleh sekitar 26-27 peneliti senior, tidak semuanya S3. (Di balik itu) ternyata memang ada beberapa budaya yang masih diikuti,” jelas dia.

“Tapi kemudian kebijakan yang saya ambil adalah saya memberikan kesempatan dan dorongan kepada peneliti semuanya, tidak harus S3 tidak harus profesor, yang masih S1 kalau memang dia sudah melakukan penelitian dan bisa menulis, tentu tetap di bawah bimbingan seniornya, mereka bisa publis,” lanjut dia.

Setelah kebijakan tersebut dijalankan, jumlah penelitian di tahun-tahun berikutnya tercatat naik secara signifikan.

Baca juga: Dana Terbatas, Lembaga Eijkman Berhasil Selesaikan 90 Persen Vaksin Merah Putih

Misalnya jumlah penelitian yang dipublikasikan tahun 2018-2019 mencapai sekitar 60 penelitian.

“Nah dari situ kita bisa melihat kalau peneliti yang muda-muda itu diberi kesempatan pasti bisa perfrom. Jadi tidak hanya yang S3 saja yang bisa perform, karena yang S3 waktu penelitian pasti dibantu juga oleh yang senior,” ucapnya.

Mengisahkan cerita sekitar 10-15 tahun yang lalu, Amin mengingat adanya salah seorang lulusan S1 yang masuk ke Eijkman sebagai yang membantu di laboratorium. Lalu yang bersangkutan diberikan dorongan dan kesempatan sehingga dapat menyelesaikan studi hingga S3.

“Supervisor melihat dia punya minat yang sangat besar, punya kemampuan belajar yang sangat besar kemudian disekolahkan dan ternyata bisa menjadi S2. Kemudian diteruskan, beberapa bulan yang lalu menyelesaikan S3-nya,” kata Amin.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.