Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siklus Hidup Lebah, dari Telur hingga Menjadi Lebah Dewasa

Kompas.com - Diperbarui 15/01/2023, 14:05 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Lebah adalah salah satu jenis serangga yang hidup dengan berkoloni. Jumlah lebah dalam satu koloni bisa mencapai 60.000.

Namun, tahukah Anda, dalam satu koloni hanya memiliki satu lebah ratu yang memiliki tugas untuk bertelur. Bagaimana bisa ya, seekor lebah ratu bisa menghasilkan begitu banyak lebah-lebah lain yang jumlahnya hingga puluhan ribu?

Baca juga: Apakah Sarang Lebah Aman untuk Dimakan? Ini Penjelasannya

Mari kita simak bagaimana siklus hidup lebah. Tapi, sebelumnya, mari mengenal macam-macam lebah.

Macam-macam lebah

Sebelum mengetahui siklus hidup lebah, penting untuk mengetahui jenis-jenis lebah agar kita bisa mengetahui tugas masing-masing lebah.

Terdapat tiga macam lebah, yaitu lebah ratu, lebah jantan, dan lebah pekerja.

Lebah ratu

Lebah ratu adalah lebah yang bertugas untuk bertelur dan mengatur koloni. Dalam satu koloni hanya terdapat satu ekor lebah ratu.

Lebah ratu memiliki ukuran paling besar di antara lebah jenis lainnya. Makan dan hidup lebah ratu diurus oleh lebah pekerja.

Lebah jantan

Lebah jantan memiliki tugas untuk mengawini lebah ratu kemudian mati.

Lebah jantan memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan tidak memiliki sengat. Sama seperti lebah ratu, hidup dan makan lebah jantan diurus oleh lebah pekerja.

Lebah pekerja

Lebah pekerja adalah lebah yang jumlahnya paling banyak di suatu koloni. Lebah ini memiliki tugas untuk memberi makan lebah ratu dan larva, membuat sarang, mencari nektar dan memproduksi madu, dan mencari air.

Dengan tugasnya yang sangat banyak ini, lebah pekerja memiliki tubuh yang paling kecil dan memiliki sengat. Namun, jika lebah menyengat, lebah tersebut akan mati.

Baca juga: Bukan Isap Serbuk Sari, Spesies Lebah Ini Berevolusi Makan Daging

Siklus hidup lebah

Siklus hidup lebah terdiri dari empat fase, yaitu telur, larva, pupa, dan lebah dewasa. Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing siklus hidup lebah.

1. Fase telur

Sebutir telur lebah berkembang menjadi macam-macam jenis lebah dalam waktu yang berbeda-beda. Telur menjadi lebah pekerja dewasa dalam waktu 18 sampai 22 hari. Sedangkan menjadi lebah ratu 16 hari dan lebah jantan 24 hari.

Telur lebah berukuran sebesar butiran beras. Dalam sekali bertelur, lebah ratu bisa menghasilkan 2.000 hingga 3.000 butir telur per hari.

Telur yang dibuahi akan menjadi lebah betina, bisa lebah pekerja atau lebah ratu. Sedangkan telur yang tidak dibuahi akan menjadi lebah jantan.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com