Kompas.com - 06/01/2022, 11:05 WIB

KOMPAS.com - Para peneliti baru-baru ini menemukan aktivitas di otak yang berhubungan dengan gangguan obsesif kompulsif (OCD).

Mereka mengatakan, apabila sinyal-sinyal saraf ini dapat diidentifikasi, maka berpotensi untuk mengatasi OCD.

Dalam studi yang telah dipublikasikan di Nature Medicine tahun 2021 itu, sebanyak lima peserta dengan OCD parah dipantau di laboratorium dan di rumah.

Melansir Science Alert, Selasa (4/1/2022) tim peneliti kemudian mengamati aktivitas sehari-hari, dan mengumpulkan data berupa pengukuran aktivitas otak dan ekspresi wajah, gerakan tubuh, detak jantung, serta gejala gangguan obsesif kompulsif yang dilaporkan.

Baca juga: Inilah Alasan Anak dengan OCD Susah Berkonsentrasi di Sekolah

Rangkaian informasi yang dikumpulkan secara real time tersebut memungkinkan peneliti untuk menemukan hubungan antara aktivitas perilaku dan sinyal di otak.

Kemudian, mereka menemukan pola di otak yang disebut cortico-striatal-thalamo-cortical (CSTC) dan diduga berkaitan dengan OCD.

Sebagai informasi, CSTC adalah sirkuit otak yang mengontrol gerakan, pembentukan kebiasaan, dan penghargaan. Hiperaktivitas di jalur CSTC terlibat dalam OCD.

"Dengan menggunakan sinyal otak ini, kita mungkin dapat membedakan ketika seseorang mengalami gejala OCD, dan saat tidak, dan teknik ini memungkinkan untuk merekam keragaman perilaku serta aktivitas otak ini," kata insinyur biomedis di Brown University, Nicole Provenza.

Kendati demikian, ukuran sampel dalam riset ini terbilang sangat kecil, sehingga studi lebih lanjut tetap diperlukan.

Sementara itu, berdasarkan laporan yang ada, OCD memengaruhi kualitas hidup dua dari 100 orang dewasa. Walaupun berbagai perawatan dan obat-obatan untuk penderita gangguan obsesif-kompulsif tersedia, diperkirakan 25 sampai 40 persen dari mereka tidak mendapatkan manfaat yang berkelanjutan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.