Kompas.com - 27/12/2021, 17:03 WIB


KOMPAS.com - Respons kekebalan penyintas Covid-19 atau pasien yang sembuh dari infeksi virus corona akan bertambah lebih kuat setelah divaksin. Namun, benarkah mereka yang memiliki super-immunity tak bisa terinfeksi lagi saat terpapar varian Omicron?

Penyintas corona yang mendapatkan dosis pertama vaksin, antibodinya setara dengan orang yang memperoleh vaksin dosis lengkap dan tidak pernah terinfeksi.

Respons kekebalan yang dimiliki oleh penyintas Covid-19 disebut super-immunity atau kekebalan super, dan para ilmuwan menyebutnya hybrid-immunity atau kekebalan hibrida.

Baca juga: 46 Kasus Omicron di Indonesia, Apa Gejalanya? Ini Penjelasan Satgas

Lantas, orang dengan super-immunity dan terpapar varian Omicron, apakah benar tidak dapat terinfeksi lagi?

Sebagai informasi, varian Omicron merupakan varian terbaru dari Covid-19 yang mempunyai 32 mutasi di protein spike.

Varian B.1.1.529 ini pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan dan terus menyebar ke berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia.

Menjawab pertanyaan tersebut, ahli biologi molekuler Ahmad Utomo mengatakan bahwa seseorang dengan super-immunity dan telah terpapar virus corona jenis Omicron, tetap dapat kembali terinfeksi Covid-19.

“Kalau hanya terinfeksi tentu masih bisa,” kata Ahmad saat dihubungi Kompas.com, Senin (27/12/2021).

Namun, kemungkinan kondisi orang yang telah divaksin dan pernah terpapar virus corona tidak akan berkembang menjadi lebih parah.

Baca juga: Varian Omicron Sebabkan Kekhawatiran Baru bagi Pasien Long Covid

Manfaat divaksin Covid-19

Ahmad menambahkan, gejala ringan yang ditimbulkan dari infeksi varian Omicron merupakan salah satu manfaat dari vaksinasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.