Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekerja Lapangan di Jakarta akan Kurang Produktif 15 Menit per Jam, Kenapa?

Kompas.com - 24/12/2021, 18:31 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Pekerja lapangan di Jakarta, Indonesia akan kurang produktif 15 menit per jam, jika terjadi perubahan iklim kenaikan suhu 2 derajat Celcius.

Hal ini dilaporkan dalam dari hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti perubahan iklim di Nicholas School of The Environment di Universitas Duke yang telah dipublikasikan di Jurnal Nature Communications, 14 Desember 2021.

Penelitian ini menunjukkan berbagai skenario proyeksi kehilangan produktivitas pada peningkatan temperatur global 1 derajat Celsius, 2 derajat Celsius, 3 derajat Celsius, dan 4 derajat Celsius dibandingkan saat ini.

Di mana saat ini, temperatur global sudah sudah sekitar 1 derajat Celsius di atas masa pra-industri.

Peningkatan suhu dan kelembaban sepanjang hari karena perubahan iklim akan mengurangi jumlah waktu kerja di mana pekerja lapangan, seperti di bidang pertanian dan konstruksi, untuk dapat bekerja dengan aman. 

Baca juga: Eksploitasi Pekerja di Sektor Perikanan Bukan Hal Baru di Indonesia

 

Pemimpin penelitian perubahan iklim di Nicholas School of The Environment di Universitas Duke, Luke Parsons mengatakan, dalam penelitian yang dilakukan ini ternyata perubahan iklim memang mengurangi produktivitas para pekerja lapangan, tak hanya di Jakarta tetapi juga di seluruh dunia.

Akan tetapi, daerah tropis dan subtropis akan mengalami kerugian paling parah. Hal ini juga berlaku untuk negara tropis seperti Indonesia.

Parsons menyampaikan, di Jakarta jika pemanasan terus meningkat pada suhu 4 derajat Celsius durasi kerja pukul 9 pagi-4 sore (7 jam) para pekerja luar ruang akan kehilangan waktu produktif lebih dari 15 menit setiap jamnya.

Hal ini dikarenakan, saat perubahan iklim berupa kenaikan suhu itu terjadi, maka pada saat siang hari di daerah tropis, suhu udara sudah terlalu panas. Hal ini menyebabkan pekerja lapangan di daerah tropis menjadi kurang produktif.

Baca juga: Pekerja di Rumah Sakit Rentan Terinfeksi Corona, Ahli Sarankan Ini

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com