DNA Ungkap Mammoth Bertahan di Daratan Amerika Utara hingga 5000 Tahun yang Lalu

Kompas.com - 24/12/2021, 13:05 WIB

KOMPAS.com - Mammoth berbulu mungkin bertahan di daratan Amerika Utara ribuan tahun lebih lama dari perkiraan sebelumnya.

Kesimpulan itu didapat setelah peneliti melakukan analisis potongan DNA mammoth.

Mengutip Live Science, Kamis (23/12/2021) dalam studinya ini, peneliti menganalisis sampel tanah yang diambil dari lapisan es di Yukon, di Kanada.

Banyak sampel yang berasal dari transisi Pleistosen-Holosen, periode yang ditandai dengan kondisi iklim yang berubah dengan cepat. Hal itu menyebabkan banyak mamalia besar, salah satunya mammoth menghilang dari catatan fosil.

Baca juga: Peneliti Temukan Fosil Mammoth Berusia 200.000 Tahun di Inggris

"Organisme terus menerus melepaskan sel sepanjang hidup mereka. Sebagian besar setelah terlepas, DNA tak bertahan lama di lingkungan dan dikonsumsi oleh mikroba. Namun ada pula DNA yang tersisa dan bisa saja terawetkan serta dapat memberikan pengetahun bagi peneliti," kata penulis utama studi Tyler Murchie.

Dari situ peneliti mendapatkan fragmen DNA.

Dengan menganalisis DNA dari sampel tanah yang diketahui umurnya itu, peneliti secara tidak langsung mengamati evolusi ekosistem purba selama periode yang bergejolak ini.

Hasilnya peneliti berhasil mengungkap kalau mammoth bertahan di daratan Amerika Utara lebih lama dari yang diperkirakan sebelumnya.

Menurut data DNA, jumlah mammoth mengalami penurunan tajam pada transisi Pleistosen-Holosen, tetapi mereka tak menghilang sekaligus karena perubahan iklim atau perburuan yang berlebihan.

Studi sebelumnya yang diterbitkan Oktober di jurnal Nature, menunjukkan bahwa beberapa mammoth bertahan hidup di pulau-pulau terpencil yang jauh dari kontak manusia sampai 4000 tahun yang lalu.