Kompas.com - 22/12/2021, 20:15 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Batuk, terutama saat merasa tidak enak badan, bisa sangat mengganggu.

Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meredakan batuk, salah satunya adalah dengan mengonsumsi teh herbal

Menurut penelitian, beberapa jenis teh memiliki kandungan yang dapat bekerja efektif untuk meredakan batuk.

Teh terbaik untuk mengobati batuk

Dilansir dari Healthline, berikut adalah 5 jenis teh terbaik untuk mengobati batuk:

1. Teh madu

Selain membantu meredakan sakit tenggorokan, madu juga efektifnya untuk meredakan gejala batuk.

Baca juga: 3 Jenis Teh yang Paling Sehat Menurut Sains

Studi pada anak-anak telah menemukan bahwa madu sangat efektif untuk meredakan batuk pada malam hari dan meningkatkan kualitas tidur.

Bahkan, studi pada tahun 2007 menemukan bahwa madu lebih efektif daripada dekstrometorfan dalam meredakan gejala batuk.

Namun, ingatlah untuk tidak memberikan madu kepada anak di bawah usia 1 tahun karena risiko botulisme pada bayi, yakni suatu bentuk keracunan makanan yang parah.

2. Teh akar licorice

Akar licorice telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi berbagai kondisi, termasuk batuk, infeksi, dan masalah pencernaan .

Studi telah menunjukkan bahwa licorice mungkin efektif untuk menghentikan pertumbuhan beberapa spesies bakteri, jamur, dan beberapa virus.