Kompas.com - 22/12/2021, 20:03 WIB


KOMPAS.com - Embrio dinosaurus yang masih terawetkan dengan baik ditemukan di China selatan. Embrio bayi dinosaurus yang menyerupai burung ini masih tersembunyi di balik telur dengan posisi meringkuk yang hampir menetas.

Pose meringkuk ini yang menarik para peneliti. Pasalnya pose yang dikenal sebagai perilaku menyelipkan untuk membantu menetas dari telurnya, belum pernah didokumentasikan pada dinosaurus.

Temuan embrio dinosaurus yang dijuluki Bayi Yingliang ini pun memberikan wawasan yang belum pernah dilihat sebelumnya mengenai perkembangan dinosaurus.

"Embrio dinosaurus di dalam telurnya adalah salah satu fosil terindah yang pernah saya lihat," kata Steve Brusatte, penulis studi dan paleontolog dari University of Edinburgh.

Mengutip Science Alert, Rabu (22/12/2021) menurut peneliti embrio tersebut berusia antara 72 hingga 66 juta tahun.

Baca juga: Pertama Kali, Ahli Temukan Bayi Dinosaurus T-Rex

 

Fosil mbrio bayi dinosaurus meringkuk ini pun diidentifikasi sebagai spesies oviraptorosaurus, sekelompok dinosaurus theropoda berbulu yang memiliki paruh tak bergigi.

Sama seperti semua dinosaurus non-unggas lainnya, oviraptorosaurus punah pada akhir Kapur, sekitar 66 juta tahun yang lalu ketika asteroid menghantam Bumi.

"Kami terkejut melihat embrio ini terawetkan dengan baik di dalam telur dan berbaring dengan postur seperti burung. Postur ini belum pernah ditemukan pada dinosaurus non-unggas sebelumnya," ungkap Waisum Ma dari University of Birmingham.

Sebagian besar fosil embrio bayi dinosaurus non-unggas lainnya yang ditemukan hingga saat ini tidak lengkap dan kerangkanya terputus-putus.

Baca juga: Ilmuwan Rekonstruksi Fosil Embrio Dinosaurus Secara Digital

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.