Kompas.com - 19/12/2021, 19:31 WIB

KOMPAS.com - Terdapat lebih dari 40.000 spesies tumbuhan yang berada di Hutan Amazon. Sebanyak 75 persen diantaranya endemik atau hanya ditemukan di Hutan Amazon. Sebagian spesies tumbuhan di sini digunakan untuk obat tradisional. Berikut adalah beberapa tumbuhan endemik di Hutan Amazon.

1. Teratai raksasa

Salah satu tumbuhan yang paling terkenal dari pedalaman Amazon adalah teratai raksasa, atau yang disebut juga dengan Victoria Amazonica. Nama tersebut diambil dari nama Ratu Victoria dari Inggris. Bunga indah ini bisa tumbuh hingga diameter 3 meter dan bisa menahan beban hingga 27 kilogram.

Bunga ini berwarna putih ketika malam pertama mekar dan berubah menjadi merah muda di hari kedua. Sayangnya, bunga indah ini hanya mekar selama 48 jam saja.

2. Bunga heliconia

Terdapat sekitar 40 spesies berbeda dari bunga heliconia. Bunga ini berbentuk unik, yaitu seperti capit lobster. Warna utamanya adalah merah dan kuning. Bentuk ini membuat banyak hewan bahkan manusia bingung mencari bunganya. Hanya burung kolibri yang mampu menemukan dimana bunganya untuk mengisap nektarnya.

Baca juga: Tumbuhan Terkecil di Dunia, Lebih Kecil dari Sebutir Beras

3. Monkey brush vine

Monkey brush vine adalah tanaman yang ditemukan di Amerika Selatan dengan warna merah dan kuning. Bunga ini akan dengan mudah ditemukan di Hutan Amazon karena warnanya yang sangat terang. Tumbuhan ini bisa tumbuh sendiri ataupun menjadi parasit di tumbuhan lain.

4. Pohon kacang Brazil

Pohon kacang Brazil memiliki nama latin Bertholletia excelsa. Pohon ini merupakan spesies yang dominan ditemukan di Hutan Amazon. Pohon ini bisa tumbuh hingga ketinggian 50 meter. Karakteristik pohon ini adalah daunnya tumbuh bagai kanopi di puncak pohon tersebut.

5. Tanaman obat

Terdapat beberapa tanaman obat yang hanya ditemukan di sini. Berikut adalah beberapa contoh tanaman obat dari Hutan Amazon.

  • Baccharis altimontana: air rebusan daunnya digunakan untuk mengobati sakit perut, reumatik, dan sakit liver.
  • Croton cajucara: air rebusan daunnya digunakan untuk mengobati sakit kepala, malaria, dan sakit liver.
  • Euterpe oleracea: akarnya bisa mengatasi anemia.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.