Kompas.com - 17/12/2021, 17:31 WIB

KOMPAS.comHutan Amazon adalah hutan terbesar di dunia, oleh karena itu, Hutan Amazon menjadi tempat bagi berbagai hewan dan tumbuhan. Bahkan banyak diantaranya merupakan hewan endemik yang hanya ditemukan di Hutan Amazon.

Berikut adalah daftar hewan endemik Hutan Amazon.

1. Lumba-lumba Amazon

Lumba-lumba Amazon memiliki warna yang unik, yaitu merah muda. Sayangnya, lumba-lumba ini termasuk ke dalam kategori rentan punah. Hal ini disebabkan karena kontaminasi air dan makanan akibat tambang di sekitarnya.

Bahkan, beberapa nelayan juga banyak yang memburu dan membunuh hewan berwarna merah muda ini. Mereka meyakini lumba-lumba ini mengancam jumlah ikan di Sungai Amazon.

Saat ini telah didirikan Taman Nasional Yaguas di Peru untuk melindungi hewan endemik Amazon ini.

2. Uakari botak

Banyak hewan endemik Hutan Amazon yang tinggal di bantaran sungai, salah satunya adalah uakari botak. Hewan primata ini memiliki wajah yang merah dengan bulu berwarna coklat terang. Walaupun makanannya hanya buah dan sayuran, rahang uakari botak sangat kuat hingga bisa memecahkan kulit kacang Brazil.

3. Monyet gray woolly

Monyet gray woolly juga memiliki nama lain yaitu macaco barrigudo yang berarti monyet berperut besar. Hal ini disebabkan karakter fisik monyet ini yang berbulu abu tebal dan perut yang besar.

Baca juga: Inilah Black Caiman, Salah Satu Predator Terbesar di Sungai Amazon

4. Golden lion tamarin

Golden lion tamarin, hewan endemik Hutan AmazonCommons Wikimedia Golden lion tamarin, hewan endemik Hutan Amazon

Golden lion tamarin juga disebut dengan golden marmoset. Hewan ini hanya ditemukan di Hutan Amazon, khususnya di bagian yang termasuk ke dalam Brazil. Hewan primata ini berukuran cukup kecil yaitu hanya sekitar 20 sentimeter saja.

5. Kupu-kupu amber phantom

Kupu-kupu amber phantom, hewan endemik Hutan AmazonCommons Wikimedia Kupu-kupu amber phantom, hewan endemik Hutan Amazon

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.