Kompas.com - 13/12/2021, 20:01 WIB


KOMPAS.com - Teleskop Luar Angkasa James Webb akhirnya akan diluncurkan Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) pada akhir Desember 2021. Ada beberapa fakta menarik dari teleskop tersebut.

Teleskop James Webb ini nantinya akan menggantikan Teleskop Luar Angkasa Hubble, yang telah bertugas mengamati alam semesta selama puluhan tahun.

Dilansir dari Science Alert, Senin (13/12/2021), Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA ini diklaim sebagai observatorium ruang angkasa paling kuat yang pernah dibangun.

Kecanggihan teleskop James Webb ini digadang-gadang akan dapat membantu para ilmuwan dan astronom dalam mengungkap berbagai misteri alam semesta.

Ada lima fakta menarik Teleskop Luar Angkasa James Webb yang segera diluncurkan akhir tahun 2021 ini, yakni sebagai berikut.

 

Baca juga: Diluncurkan Desember, Nama Teleskop Luar Angkasa James Webb Dianggap Bermasalah


1. Teleskop James Webb dilengkapi cermin emas raksasa

Tak hanya dibekali teknologi yang sangat canggih, Teleskop Luar Angkasa James Webb juga dilengkapi cermin emas raksasa.

Fitur ini adalah pusat teleskop, berupa cermin berukuran sangat besar, struktur cekung dengan lebar 6,5 meter dan terdiri dari 18 cermin heksagonal yang lebih kecil.

Cermin-cermin pada Teleskop Luar Angkasa James Webb ini terbuat dari berilium yang dilapisi dengan emas, dioptimalkan untuk memantulkan cahaya inframerah dari jangkauan jauh alam semesta.

Teleskop Luar Angkasa  James Webb segera diluncurkan Desember ini juga dilengkapi empat instrumen ilmiah, yang sama-sama memenuhi dua tujuan utama dari teleskop ini, yakni pencitraan objek kosmik, dan spektroskopi.

Baca juga: James Webb, Teleskop NASA untuk Teliti Galaksi Beroperasi Akhir 2021

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.