Kompas.com - 13/12/2021, 07:01 WIB


KOMPAS.com - Virus corona yang pertama kali dilaporkan pada akhir tahun 2019 di Wuhan, China masih menyisakan misteri, terkait asal-usul virus tersebut. Peneliti Indonesia pun juga turut melacak potensi penularan virus corona dari kelelawar.

Sebab, selama ini, banyak ilmuwan dan peneliti yang meyakini bahwa kuat dugaan asal usul virus corona berasal dari kelelawar.

Peneliti di Balai Besar Litbang Vektor dan Reservoir Penyakit (B2P2VRP) Salatiga, Jawa Tengah, Esti Rahardyaningtias mengungkapkan, bahwa kelelawar adalah reservoir berbagai jenis penyakit. Salah satu penyakit yang terbukti ditularkan dar kelelawar, yakni leptospirosis.

Untuk diketahui, reservoir adalah tempat tumbuh maupun tempat berkembang biak organisme infeksius pada makhluk hidup seperti manusia maupun hewan.

Pada saat organisme infeksius berkembang biak dalam reservoir, penyakit lebih mudah ditularkan pada kelompok rentan.

Baca juga: Peneliti Kelelawar Kamboja Lacak Asal-usul Virus Covid-19

 

"Virus corona menular dari kelelawar, ya. Tapi kalau untuk di Jawa Tengah sendiri yang melakukan (penelitian) kemarin adalah untuk leptospirosis. Ini sedang dikaji untuk itu. Kita masih sedang mengkaji, dan hasilnya belum (dipastikan). Masih dilakukan tahun ini," papar Esti, salah satu peneliti Indonesia dalam studi ini, Sabtu (11/12/2021).

Lebih lanjut, Esti berkata untuk pendeteksian virus pada kelelawar menggunakan tes swab atau usap.

"Kita pakai swab (usap), kalau sudah ditangkap kita ambil swab-nya. Baik swab trakea maupun swab rektalnya (anus)," lanjutnya.

Potensi kelelawar sebagai reservoir virus corona

Terkait apakah kelelawar dapat menjadi reservoir virus corona, Esti, peneliti Indonesia di B2P2VRP Salatiga mengatakan hal ini bisa saja terjadi.

Baca juga: Virus Corona Baru Mirip Covid-19 Terdeteksi Ada di Kelelawar Inggris

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.