Kompas.com - 12/12/2021, 17:45 WIB

KOMPAS.com - Kita tahu jutaan tahun lalu ada asteroid yang menabrak Bumi dan berdampak pada musnahnya sebagian besar dinosaurus.

Tetapi kapan tepatnya asteroid tersebut menghantam planet, itu masih menjadi misteri. Hingga kini akhirnya, dalam sebuah studi terbaru, peneliti berhasil menguak waktu peristiwa itu terjadi.

Mengutip Space, Minggu (12/12/2021) peneliti menemukan jika tabrakan asteroid yang menewaskan dinosaurus terjadi selama musim semi atau awal musim panas di belahan Bumi utara.

Baca juga: Bagaimana Burung Bertahan Hidup dari Hantaman Asteroid Pembunuh Dinosaurus?

Hasil tersebut didapat peneliti setelah melakukan studi di sebuah situs bernama Tanis yang terletak di North Dakota pada 2019.

Dalam studinya, Robert DePalma, penulis utama studi bersama rekan-rekannya ingin menentukan apakah mereka dapat mengetahui penanggalan fosil Tanis secara detail.

Fosil ikan yang kebanyakan berasal dari spesies paddlefish dan sturgeon secara kebetulan menampilkan jenis pola yang sama dengan lingkaran pohon tahunan.

Peneliti kemudian menggunakan sinkroton untuk menganalisis jejak logam yang ditemukan dalam fosil untuk menentukan bagaimana perkembangan hewan itu ketika mati.

Analisis menemukan, bahwa fosil ikan yang ditemukan di situs tersebut mati beberapa jam setelah asteroid besar menghantam semenanjung Yucatan 66 juta tahun yang lalu.

Peneliti juga berpendapat, bahwa fosil ikan menunjukkan dampak tersebut terjadi saat belahan Bumi utara berada di musim semi atau awal musim panas.

Semua ini menurut peneliti masuk akal. Pasalnya, spesies modern sturgeon bermigrasi ke air asin saat musim dingin. Sementara berpindah ke air tawar ketka musim semi dan musim panas. Sedangkan situs Tanis sendiri merupakan sumber air tawar.

Sumber Space