Kompas.com - 09/12/2021, 17:02 WIB

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menegaskan, pemerintahan di setiap negara perlu menilai kembali respons Covid-19 dan mempercepat program vaksinasi untuk mengatasi Omicron.

Hal ini harus dilakukan sekarang kendati masih sedikit yang diketahui tentang seberapa efektif vaksin dalam melindungi Omicron.

Dalam paparannya di hari Rabu (8/12/2021), direktur jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus berkata, penyebaran varian Omicron secara global bisa berdampak besar pada pandemi COVID-19.

Dilansir dari Reuters, Rabu (8/12/2021), Tedros menegaskan, sekaranglah saatnya dunia mengambil langkah progresif sebelum lebih banyak pasien Covid-19 dengan varian Omicron dilaporkan dan masuk ke rumah sakit.

Baca juga: Panduan Terbaru WHO, Terapi Plasma Konvalesen Tidak untuk Covid-19

"Kami meminta semua negara untuk meningkatkan pengawasan, pengujian, dan pengurutan genome," katanya dalam jumpa pers.

"Kepuasan apa pun (terkait pandemi), akan menelan korban jiwa."

Direktur darurat WHO Mike Ryan mengatakan, karena varian Omicron tampaknya lebih mudah menyebar, upaya harus digandakan untuk memutus rantai penularan.

WHO mencatat bukti awal dari BioNTech dan Pfizer (PFE.N) tentang efektivitas vaksin mereka terhadap Omicron.

Perusahaan-perusahaan Jerman dan AS mengatakan pada hari Rabu (8/12/2021) bahwa tiga suntikan vaksin Covid-19 mereka mampu menetralkan varian Omicron dalam tes laboratorium. Sementara dua dosis menghasilkan antibodi penetralisir yang lebih rendah dengan faktor 25.

Kendati demikian, kepala ilmuwan WHO Soumya Swaminathan mengatakan terlalu dini untuk mengatakan apakah pengurangan antibodi penetral berarti suntikan itu kurang efektif.

Halaman:
Sumber Reuters
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.