Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jeff Smith Konsumsi Narkoba Jenis LSD, Narkotika Apakah Itu?

Kompas.com - 09/12/2021, 16:01 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Artis peran Jeff Smith kembali terjerat kasus narkoba. Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan, Jeff mengonsumsi narkotika jenis Lysergic Acid Diethylamide (LSD).

Seperti diberitakan Kompas.com, Kamis (9/12/2021), Zulpan mengatakan bahwa barang bukti yang disita polisi berupa LSD, narkotika jenis baru dan masuk dalam kategori golongan satu.

"LSD yang diamankan ada dua, tetapi LSD yang sudah dipesan yang bersangkutan (Jeff Smith) sebanyak 50 (lembar)," kata Zulpan, dalam jumpa pers di Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya.

"Ini narkotika tergolong jenis baru, cara pemakaiannya ditempelkan di lidah. Kemudian dampak yang ditimbulkan sama seperti penggunaan narkotika yang lain, halusinasi dan sebagainya. Ini adalah narkotika yang sangat berbahaya, yang dikategorikan ke dalam narkotika golongan 1," jelas Zulpan.

Jeff Smith ditangkap lagi karena kasus penyalahgunaan obat-obatan terlarang dan diketahui mengonsumsi narkoba jenis LSD.

Lantas, apa itu LSD?

Baca juga: Jeff Smith Pakai Ganja karena Tak Bisa Tidur, Ini Efek Sampingnya

 

Menanggapi kasus narkoba Jeff Smith, peneliti dan Pakar Adiksi dari Mental Health Addiction and Neuroscience Jakarta, dr Hari Nugroho MSc, mengungkapkan bahwa LSD adalah narkotika yang bukan jenis baru.

"LSD narkoba jenis halusinogen, dan ini sudah lama sekali, bukan narkoba jenis baru," kata dr Hari saat dihubungi Kompas.com, Kamis (9/12/2021).

Dr Hari mengatakan bahwa narkoba jenis LSD seperti yang dikonsumsi artis peran Jeff Smith, sudah dipakai sejak era the Beatles.

Oleh karenanya, terdapat salah satu lagu grup musik legendaris tersebut yakni Lucy in the Sky with Diamond (LSD).

"Memang ada narkoba jenis baru yang mirip LSD (narkoba yang dikonsumsi Jeff Smith), namanya N-Bome, tepatnya 25I-NBoMe," ungkap dr Hari.

Baca juga: Rio Reifan Kembali Ditangkap, Kenapa Pencandu Sulit Lepas dari Narkoba?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com